Cara Lapor SPT Tahunan di DJP Online

Cara Lapor SPT Tahunan di DJP Online, dengan EFIN dan E-Filing

Sudah diketahui, warga masyarakat yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) mempunya kewajibat untuk segera melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahunan.

Karena jika tidak melaporkannya, maka seorang Wajib Pajak akan mendapatkan sanksi. Untuk Laporan SPT adalah merupakan sebuah pelaporan dari wajib pajak mengenai penghitungan berapa pembayaran pajak, objek pajak, atau bukan objek pajak.

Diketahui  bahwa fungsi SPT adalah untuk melaporkan berapa penghitungan atau pembayaran pajak. Jika dilihat besar pendapatannya, maka akan dimasukan pada kategori Pendapatan Kena Pajak (PKP).

Maka dari itu, laporan SPT tahunan sudah diawali prosesnya mulai 1 Januari lalu dan memiliki batas waktu terakhir sampai tanggal 31 Maret setiap tahunnya.

Untuk saat ini Anda tidak lagi perlu antri ke kantor pajak, karena proses pelaporan SPT dapat secara online atau daring online e-Filing.

Dengan kriteria yaitu wajib pajak harus memiliki sebuah kode Electronic Filing identification Number (EFIN) lebih dahulu.

Bagaimana Cara Aktivasi EFIN

Electronic Filing identification Number (EFIN) adalah sebuah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) kepada seorang wajib pajak yang akan melakukan transaksi elektronik sama Ditjen Pajak.

Transaksi ini bisa seperti lapor SPT melalui e-Filing dan membuat kode billing dari pembayaran pajak.

Untuk proses aktivasi EFIN bisa dilakukan melalui online. Dibawah ini cara melakukan aktivasi EFIN:

  • Seorang wajib pajak pertama menyampaikan permohonan untuk aktivasi EFIN melewati email pajak resmi KKP. Untuk dapat melihat email KPP masing-masing, bisa di pantau pada laman www.pajak.go.id/unit-kerja
  • Perlu diketahui satu email wajib pajak hanya bisa berlaku untuk satu permohonan layanan untuk aktivasi EFIN
  • Seorang wajib pajak perlu mengirimkan foto diri atau selfie dengan memegang KTP dan kartu NPWP
  • Setelahnya, petugas akan mengerjakan pengecekan kesesuaian data yang Anda diberikan oleh dengan database yang ada di DJP.
  • Kemudian, apabila semua data sudah sinkron, maka petugas akan membuat dan mengirim Informasi EFIN dalam bentuk PDF ke email Anda.
👉 TRENDING  Kerja Makin Seru, Logitech POP Keys Wireless With Emoji

Perlu digaris bawahi, bahwa EFIN yang Anda dapatkan bersifat sangat rahasia. Oleh karena itu nomor tersebut harus disimpan dengan  sangat baik, aman, dan jangan sampai diberitahukan pada orang lain.

Jika Anda sudah memiliki EFIN dan aktivasi, seorang wajib pajak bisa melaporkan SPT pajak secara daring memakai e-Filing.

Cara Melaporkan SPT Memakai e-Filing

Untuk laman E-Filing bisa diakses lewat situs resmi DJP, yakni www.djponline.pajak.go.id. Dibawah ini merupakan langkah-langkahnya:

  • Buka situs www.dpjonline.pajak.go.id lalu buka email untuk aktivasi email baru serta kemudian masukkan nomor NPWP dan password yang sudah Anda dibuat.
  • Kemudian setelah Anda masuk, bisa klik dari menu e-filing kemudian pilih tab SPT lalu bisa pilih jawaban dan mengisi formulir sesuai dengan keadaan sebenarnya
  • Ketiga, jika Anda sudah isi formulir secara lengkap, dapat klik kursor persetujuan kemudian ambil kode verifikasi yang telah dikirim pada email maupun SMS.
  • Keempat, Anda dapat melihat kode verifikasi yang telah dikirim, untuk dimasukkan pada kolom kode pengiriman. Lalu Anda bisa klik tab “Kirim SPT”
  • Setelahnya bisa dibuka email Anda lagi untuk melihat dan memastikan apakah Anda sudah mendapatkan tanda terima elektronik SPT tahunan. Kemudian Cetak dan simpan. Secara otomatis, laporan SPT akan terecord dalam sistem DJP
  • Terakhir kalinya, jangan sampai lupa untuk menyimpan NPWP dan nomor EFIN serta alamat email dan password, tidak lupa password DJP online yang nantinya akan dipakai untuk melaporkan SPT di tahun berikutnya.

Begitulah  cara yang bisa Anda gunakan untuk melaporkan SPT secara online, Anda tidak perlu antre lagi ke kantor pajak. Semoga membantu.