olahraga menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Olahraga Menurunkan Berat Badan di Rumah

Olahraga saat ini diyakini dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tetapi, jenis olahraga apa saja yang harus dilakukan itu perlu diperhatikan.

Olahraga tersebut bisa membakar kalori lebih banyak dari yang dikonsumsi orang. Jadi, sangat lazim jika olahraga dimasukkan kedalam suatu aktivitas keseharian dari seseorang, dilansir dari laman Healthline, Kamis (10/3/2022).

Melakukan Olahraga Kardio

Salah satu jenis olahraga yang sangat populer yang dilakukan untuk menurunkan berat badan ialah latihan aerobik, sering juga dikenal sebagai kardio. Berjalan, bersepeda, berlari, serta berenang merupakan salah satu contoh olahraga kardio.

Melakukan latihan aerobik tidak akan berpengaruh besar pada massa otot, kalau dibandingkan dengan angkat beban. Tetapi, latihan kardio sangatlah  efektif jika digunakan untuk membakar kalori.

Selain itu, kardio juga dapat membantu kalian untuk membakar lemak, terutama lemak yang berapa di sekitar perut. Lemak tersebut berbahaya karena dapat meningkatkan risiko diabetes tipe dua serta penyakit jantung.

Oleh sebab itu, melakukan olahraga kardio bisa dimasukkan ke dalam daftar list gaya hidup kalian. Selain juga dapat menurunkan berat badan dan metabolisme kesehatan, kardio juga dapat menjaga asupan kalori tetap sama pada tubuh.

Melatih Kekuatan Serta Berat Badan

Olahraga yang berkaitan dengan aktivitas fisik bisa membantu dalam membakar kalori. Tetapi, latihan ketahanan, contohnya angkat beban memiliki kegunaan yang lebih, seperti dapat meningkatkan kekuatan, kesegaran, serta jumlah otot.

Sebuah penelitian kepada 141 orang dewasa dengan obesitas meneliti efek kardio, latihan ketahanan, atau keduanya pada komposisi tubuh selama periode menurunkan berat badan yang disengaja. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang berolahraga kardio saja kehilangan lemak, tetapi juga akan kehilangan lebih banyak massa otot dan tulang, dibandingkan dengan kelompok yang melakukan latihan ketahanan.

👉 TRENDING  Cara Redakan Nyeri Tenggorokan dan Demam, Marupakan Gejala Omicron

Jumlah otot di dalam tubuh lebih tinggi juga bisa menambah metabolisme dan membakar lebih banyak kalori sepanjang waktu, bahkan saat kalian istirahat. Hal ini disebabkan karena otot akan lebih aktif secara metabolik daripada lemak, yang artinya membutuhkan lebih banyak energi.

Olahraga Intensitas Tinggi

High intensity interval training (HIIT) adalah jenis latihan yang singkat. Sebagian besar waktu latihan HIIT memiliki durasi 10-20 menit, namun latihan ini menawarkan banyak manfaat yang kuat dalam hal menurunkan berat badan.

Satu bahasan pada 2017 dari 13 penelitian berkualitas tinggi mengemukanan bahwa HIIT dan latihan kardio bisa memberikan faedah yang sama. Selain untuk mengurangi lemak tubuh, HIIT bisa juga mengurangi lingkar pinggang untuk setiap orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Latihan HIIT akan bermanfaat sama dengan penghematan waktu 40 persen jika dibandingkan dengan olahraga kardio. Karena intensitas HIIT, kalian harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan profesional kesehatan sebelum melakukan rutinitas HIIT baru, terutama jika kalian memiliki masalah jantung.

Pengaruh Olahraga pada Nafsu Makan

Ditemukan pada sebagian besar penelitian kalau olahraga memiliki efek penekanan nafsu makan. Satu penelitian pada 20 orang dewasa yang aktif dan sehat dimencatat bahwa orang yang lebih banyak makan sebelum berolahraga, daripada setelah melakukan olahraga.

Dalam penelitian lain kepada 26 wanita dengan obesitas pada diet rendah kalori, studi ini menemukan bahwa waktu HIIT singkat akan berefek menekan nafsu makan yang kuat. Para ilmuwan  itu juga mencatat bahwa olahraga pagi  hari terlihat lebih bermanfaat untuk keseimbangan energi serta asupan kalori daripada olahraga yang dilakukan malam hari .

Bagaimanapun, studi lebih lanjut diperlukan, dan respons dari rasa lapar terhadap olahraga kemungkinan sangat individual. Jika kalian mencoba untuk menurunkan berat badan namun cenderung makan lebih banyak dari hari biasanya setelah sesi olahraga berat atau lama, pertimbangkan kembali durasi yang lebih pendek (misal seperti HIIT) atau olahraga yang kurang intens.

👉 TRENDING  Manfaat Buah Alpukat untuk Wanita dan Ibu Hamil