Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas PTK Kenaikan Pangkat Guru

Penelitian Tindakan Kelas PTK Kenaikan Pangkat Guru-PTK merupakan jenis penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran selama di kelas.

Jadi, guru sebagai pengelola pembelajaran mengkaji berbagai cara untuk memastikan keberhasilan proses pembelajaran peserta didik.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Perlu dipahami Penelitian Tindakan Kelas secara bahasa dibagi menjadi 3 kata yaitu penelitian, tindakan dan kelas. Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan dengan menerapkan prosedur tertentu untuk mengamati suatu objek. Tindakan merupakan perlakuan yang dilakukan secara terencana dan sengaja.

Sedangkan kelas merupakan tempat terjadinya tindakan tersebut. Pengertian PTK secara istilah adalah Penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan praktik pembelajaran di dalam kelas agar lebih profesional untuk mencapai keberhasilan peserta didik.

PTK juga diterapkan dengan tujuan sebagai implementasi pada program sekolah. Sedangkan secara singkatnya penerapan penelitian tindakan kelas dilakukan dengan cara mengkaji berbagai cara untuk memutuskan keberhasilan proses pembelajaran peserta didik.

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Secara sederhananya, Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan tujuan agar layanan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran bisa diperbaiki dan ditingkatkan menjadi lebih profesional. Dengan kata lain PTK diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan pembelajaran di dalam kelas.

Penelitian Tindakan Kelas
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Selain itu, PTK juga diharapkan dapat merubah perilaku guru dalam mengajar dan perilaku peserta didik di dalam kelas dalam proses pembelajaran. Secara rinci, berikut ini beberapa tujuan dilakukannya PTK.Penelitian Tindakan Kelas

  • Pembuatan PTK dilakukan dengan tujuan untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di dalam kelas agar tidak menghambat proses pembelajaran.
  • Hasil PTK dapat meningkatkan kinerja guru agar lebih profesional dan menerapkan budaya akademik.
  • Laporan PTK dijadikan sebagai alat training of service agar guru mempunyai metode dan keterampilan baru dalam mengajar, sehingga keberhasilan pembelajaran tercapai.
  • Tujuan PTK menjadi alat yang dijadikan guru agar dalam pembelajaran bisa lebih inovatif.
  • Penyusunan PTK dapat meningkatkan mutu pembelajaran dengan cara cara melakukan perbaikan dalam praktek pembelajaran di dalam kelas.
  • Yang diharapkan dari PTK dapat meningkatkan kualitas guru atau tenaga kependidikan agar lebih profesional.
  • PTK dapat meningkatkan pengelolaan pendidikan menjadi lebih efisien dengan cara memperbaiki proses pembelajaran.

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas tidak hanya mempunyai tujuan tertentu, tapi juga memiliki manfaat tersendiri. Secara sederhananya manfaat dari PTK yaitu agar pembelajaran di dalam kelas bisa lebih berkualitas. Sedangkan, secara rincinya berikut ini beberapa manfaat dari PTK.

  • Penelitian tindakan kelas bermanfaat menjadi acuan atau model agar peserta didik bisa meningkatkan hasil belajarnya.
  • Laporan PTK juga bermanfaat untuk meningkatkan tindakan guru dalam melaksanakan pembelajaran agar lebih kreatif dan inovatif.
  • Membuat PTK bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di dalam kelas dalam proses pembelajaran.
  • Penelitian tindakan kelas meningkatkan kualitas guru dalam menilai, merefleksi diri dan berupaya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan.
  • Adanya PTK juga bermanfaat untuk memberikan kesempatan kepada guru agar dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki.
  • Manfaat utama dari PTK yaitu untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas dan berdampak pada kualitas pendidikan.
👉 TRENDING  Contoh PTK PKn SMP untuk Kelas 7 Kelas 8 dan Kelas 9 Doc

Contoh Penelitian Tindakan Kelas

Memahami mengenai pengertian, tujuan dan manfaat Penelitian Tindakan Kelas tentunya tidak akan lengkap tanpa contohnya. Demi membantu meningkatkan pemahaman mengenai Penelitian Tindakan Kelas, berikut ini contoh ringkasan dari pelaksanaan PTK.

Beberapa guru di sebuah sekolah akan menerapkan beberapa strategi pengajaran remedial. Setelah melakukan berbagai upaya seperti mengumpulkan data siswa, membuat penilaian dan membuat catatan harian, pembelajaran remedial di dalam kelas ternyata memberikan hasil yang lebih bagus.

Siswa-siswa tersebut mendapatkan pelajaran remedial secara terpisah. PTK yang dilakukan ini juga berdampak baik kepada peserta didik untuk mengatasi berbagai kesulitan dalam memahami pelajaran.

Proposal PTK

Proposal PTK dibuat dengan sistematis yang meliputi format proposal dan perencanaan PTK. Dengan sistematika tersebut, proposal yang dibuat akan mudah dipahami untuk dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaannya.

1. Format Proposal

Format proposal PTK pada umumnya tersusun seperti berikut ini:

  • Halaman Judul
  • Halaman Pengesahan
  • Kerangka proposal meliputi Judul, bidang ilmu, kategori penelitian, data penelitian, susunan penelitian, lokasi, biaya dan sumber dana.

2. Perencanaan PTK

Berdasarkan dari format proposal tersebut, selanjutnya peneliti mempunyai tugas untuk mengembangkan rancangan PTK. Adapun rancangan PTK meliputi beberapa hal, seperti berikut ini:

  • Judul

Judul yang dibuat dalam penelitian PTK merupakan cerminan dari tujuan yaitu kegiatan untuk menyelesaikan masalah.

  • Latar Belakang

Latar belakang merupakan bagian yang berisi mengenai pentingnya dilakukan penelitian. Seperti alasan membuat penelitian, masalah yang terjadi, manfaat penelitian dan lainnya.

  • Permasalahan

Permasalahan yang dijadikan bahan penelitian ini harus berasal dari pengalaman sehari-hari. Permasalahan yang ada, harus dikaji dengan detail agar bisa membuat rumusan.

  • Cara Penyelesaian Masalah

Setelah mengkaji atau melakukan analisis permasalahan, diperlukan penyelesaian. Pada tahapan ini peneliti akan menemukan cara memecahkan masalah tersebut.

  • Tujuan dan Manfaat

Berdasarkan masalah yang dihadapi dan cara penyelesaiannya, peneliti bisa merumuskan tujuan dari pelaksanaan PTK. Rumusan ini harus sesuai dengan yang tertulis dalam latar belakang.

  • Kerangka Teoritis dan Hipotesis

Masalah penelitian sangat berkaitan dengan pengetahuan teoritis. Jadi, dalam kerangka teoritis dan hipotesis ini diperlukan mempelajari berbagai hasil penelitian sebelum dan buku-buku.

  • Rencana Penelitian

Harus diketahui rencana penelitian merupakan halaman yang terdiri dari beberapa hal seperti penataan penelitian, rencana kegiatan, faktor yang diselidiki, data dan teknik analisis data.

  • Jadwal Penelitian

Pada halaman ini memuat jadwal penelitian yang berkaitan dengan pelaksanaan. Tentunya dalam pembuatan jadwal harus menyesuaikan dengan jenis kegiatannya..

  • Rencana Anggaran

Untuk rencana anggaran meliputi biaya untuk persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan. Jadi, pada setiap tahap tersebut dijelaskan secara detail mengenai jenis pengeluarannya.

Download PTK

Langkah-langkah Membuat PTK

Dalam Penelitian Tindakan Kelas dibagi menjadi empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan penjelasan lebih lengkapnya mengenai empat langkah tersebut, berikut ini penjelasannya.

Kerangka Penulisan PTK
Diklat Publikasi Ilmiah/Sugiyanta LPMP DIY

1. Perencanaan

Dalam membuat PTK yang pertama yaitu perencanaan. Pembuatan perencanaan ini harus berdasarkan 6 hal seperti What, Why, When, Where, Who dan How. Dengan kata lain, langkah ini disebut sebagai langkah menjabarkan 5W + 1H.

Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan oleh guru, biasanya akan berkolaborasi dengan peneliti lain agar mendapatkan masukan yang berarti. Kolaborasi yang dilakukan dengan peneliti yang berasal dari perguruan tinggi ini sangatlah berperan penting dalam pelaksanaan penelitian.

2. Tindakan

Perencanaan yang sudah dilakukan dilanjutkan dengan langkah tindakan. Rancangan strategi dan skenario dalam proses pembelajaran yang dilakukan pada tindakan ini berdasarkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Pelaksanaan tindakan ini pada umumnya membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan agar berbagai permasalahan bisa terselesaikan. Beberapa tindakan yang dilakukan seperti melakukan tes kognitif untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemecahan masalah.

3. Observasi

Observasi yang dilakukan bersamaan dengan tindakan yang dilakukan. Pada tahapan observasi, peneliti atau guru melakukan penelitian dari tindakan yang dilakukan sendiri, mencatat apa saja hambatan yang dialami dan hal-hal penting lainnya.

👉 TRENDING  Contoh PTK TIK SMP Lengkap Tinggal di Edit dan Download

Pelaksanaan observasi diperlukan pedoman atau format yang sudah disusun agar bisa dilakukan lebih cermat. Tujuan yang membuat pedoman observasi agar perbaikan dari setiap masalah Pembelajaran dapat terselesaikan dengan baik.

4. Refleksi

Langkah terakhir dalam membuat PTK yaitu refleksi. Sedangkan kegiatan yang dilakukan pada tahapan ini meliputi mencermati, mengkaji dan menganalisis semua tindakan secara mendalam. Pelaksanaan ini juga berdasarkan dengan data yang sudah didapatkan saat observasi.

Pada tahapan ini, guru selaku peneliti diharuskan untuk melakukan evaluasi untuk mengetahui apakah penelitian bisa memberikan keberhasilan. Selain itu, Pada tahapan ini juga akan ditemui apa saja kelemahan-kelemahan yang mungkin terjadi dan menjadi perbaikan untuk langkah selanjutnya.

Metode PTK

Ada berbagai metode Penelitian Tindakan Kelas yang bisa dilakukan oleh guru. Tentunya setiap metode yang tersedia ini bisa diterapkan sesuai dengan kondisi atau permasalahan di dalam kelas, salah satunya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selengkapnya berikut ini beberapa metodenya.

1. Metode Global

Memakai metode ini paling banyak diterapkan, dimana siswa harus membaca semua materi yang tersedia. Nantinya, siswa diharuskan untuk meringkas materi tersebut.

2. Metode Problem Solving

Ada juga Metode problem solving adalah metode yang diterapkan dengan tujuan untuk merangsang siswa dalam berpikir, sehingga bisa memberikan pendapatnya terhadap masalah tertentu.

3. Peer Teaching Method

Selain itu dengan Metode ini diterapkan dengan cara mengajar dalam kelas dan dibantu oleh guru lainnya, sehingga menghasilkan metode pembelajaran yang lebih kreatif.

4. Metode Pengajaran Beregu

Metode ini diterapkan dalam proses pembelajaran dengan pengajar lebih dari satu. Metode ini diterapkan agar proses pembelajaran lebih menarik. Dimana setiap pengajar mempunyai peran yang berbeda.

5. Drill Method

Drill Method merupakan sebuah metode pembelajaran dimana pengajar memberikan pelatihan keterampilan kepada peserta didik secara berulang-ulang.

6. Metode Resitasi

Menggunaakan Metode resitasi merupakan metode pembelajaran yang diterapkan agar siswa membuat ringkasan dari setiap kalimatnya sendiri.

7. Metode Demonstrasi

Dengan Metode demonstrasi merupakan metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran dimana guru menunjukkan suatu proses pada semua anggota kelas.

8. Metode PAKEM

Memakai Metode PAKEM merupakan metode pembelajaran yang kreatif, aktif, menyenangkan dan efektif. Dalam model ini pembelajaran menerapkan empat prinsip seperti proses interaksi, refleksi, komunikasi dan eksplorasi.

Penelitian Tindakan Kelas

Siklus Tindakan Kelas

Dalam Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan melalui berbagai siklus tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Lebih jelasnya mengenai empat tahap tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Perencanaan

Dapath diketahui siklus tindakan kelas yang pertama yaitu perencanaan. Jadi, Pada tahapan ini mengharuskan setiap peneliti atau guru yang bersangkutan untuk mempersiapkan konsep penelitian secara matang. Tujuan perencanaan agar pelaksanaan bisa sesuai dengan hadapan.

Perencanaan yang dibuat bisa meliputi beberapa hal seperti rencana pembelajaran beserta instrumen. Selain itu, dalam membuat perencanaan harus mempertimbangkan What, Why, When, Where, Who dan How. Dengan kata lain, langkah ini disebut sebagai langkah menjabarkan 5W + 1H.

2. Pelaksanaan

Pada tahapan ini peneliti harus emang eksekusi atau melaksanakan perencanaan yang sudah dibuat. Jadi, bisa dikatakan pelaksanaan ini menjadi salah satu penentu keberhasilan dari penelitian yang dilakukan.

Meskipun sedang melakukan Penelitian Tindakan Kelas, usahakan untuk tetap mengajar dengan baik. Jangan dibuat-buat, tujuannya agar mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki selama proses pembelajaran.

3. Pengamatan

Siklus tindakan kelas yang selanjutnya yaitu pengamatan. Pada siklus ini peneliti atau guru harus melakukan beberapa hal seperti mengamati kegiatan belajar siswa dan cara mengajar. Tentunya untuk mengamati kegiatan siswa, harus dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung.

Sedang untuk mengamati kegiatan mengajar, tidak bisa dilakukan sendiri. Dalam artian, diperlukan bantuan orang lain atau kolaborasi dengan guru lain agar bisa mengamati bagaimana proses mengajar berlangsung.

👉 TRENDING  Download PTK SMA Lengkap Terbaru Dalam Bentuk Word

4. Refleksi

Oleh karena itu, siklus terakhir pada pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas yaitu refleksi. Jadi, pada siklus ini peneliti harus melakukan diskusi dengan kolaborator untuk mengetahui bagaimana dari pengamatan yang dilakukan.

Pada tahapan ini juga perlu dilakukan penilaian terhadap proses pembelajaran apakah lancar atau tidak. Jadi, pada tahapan ini juga akan diketahui apa saja kelemahan-kelemahan yang ada agar bisa dilakukan perbaikan untuk kedepannya.

Rancangan PTK

Rancangan Penelitian Tindakan Kelas meliputi beberapa hal yang tentu berperan penting dalam pelaksanaannya. Selengkapnya berikut ini beberapa rancangan Penelitian Tindakan Kelas.

  • Menentukan model Penelitian Tindakan Kelas yang paling tepat dan sesuai dengan sekolah.
  • Membuat rancangan atau desain untuk menentukan langkah-langkah tindakan yang harus dilakukan.
  • Melakukan identifikasi komponen seperti pihak kolaborator, jadwal pelaksanaan dan program.
  • Menyiapkan instrumen penelitian yang dibutuhkan seperti alat, media pembelajaran, pedoman observasi dan lainnya.

Arti Penelitian Tindakan Kelas Menurut Ahli

Makna Penelitian tindakan kelas menurut beberapa ahli mempunyai arti tersendiri. Selengkapnya Berikut ini beberapa arti penelitian tindakan kelas menurut beberapa ahli.

1. Suharsimi

Menurut Suharsimi, penelitian tindakan kelas merupakan tindakan berupa aktivitas mencermati kegiatan belajar yang terjadi dalam sebuah kelas. Tindakan tersebut diberikan oleh guru agar siswa melakukannya.

2. Suhardjono

Menurut Suhardjono, penelitian tindakan kelas merupakan sebuah penelitian yang dilakukan dengan tindakan tertentu untuk memperbaiki mutu proses pembelajaran dalam kelas. Penelitian ini juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

3. Rustam dan Mundilarto

Menurut Rustam dan Mundilarto merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti atau guru dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Semua tindakan tersebut dilakukan secara partisipatif dan kolaboratif.

Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Jurnal Penelitian Tindakan Kelas mempunyai format tersendiri. Adapun beberapa format yang meliputi abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan serta daftar pustaka. Selengkapnya mengenai beberapa format tersebut, berikut penjelasannya.

Jurnal PTK
situs publikasi jurnal PTK

1. Abstrak

Abstrak merupakan bagian yang berisi gambaran secara garis besar mengenai Penelitian yang dilakukan. Abstrak kaliputih beberapa hal seperti tujuan, metode yang diterapkan, hasil dan kesimpulan.

2. Pendahuluan

Format jurnal penelitian tindakan kelas yang selanjutnya yaitu pendahuluan. pada bagian ini berisi beberapa hal seperti latar belakang, tujuan pelaksanaan dan teori pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.

3. Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan bagian yang berisi mengenai langkah-langkah yang dilakukan selama penelitian berlangsung. Pada metode ini juga berisi mengenai timeline waktu pelaksanaan penelitian.

4. Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan merupakan bagian yang memuat mengenai hasil dari penelitian. Nantinya pembahasan tersebut juga akan dibahas sesuai dengan teori yang ada. Pada bagian ini, peneliti juga harus menunjukkan semua data yang sudah didapatkan dalam pelaksanaan PTK.

5. Kesimpulan dan Daftar Pustaka

Bagian kesimpulan berisi mengenai apakah hasil penelitian yang diharapkan sesuai dengan metode penelitian. Sedangkan daftar pustaka berisi mengenai referensi yang digunakan dalam membuat jurnal Penelitian Tindakan Kelas.

Kesimpulan

Memastikan keberhasilan proses pembelajaran peserta didik dengan Penelitian Tindakan Kelas merupakan cara terbaik. Tujuan dari pelaksanaan PTK agar layanan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran bisa diperbaiki dan ditingkatkan menjadi lebih profesional.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
Contoh Judul Proposal Ptk Biologi ,\"ptk Ips Smp Kelas 9 Doc\" ,Contoh Judul Ptk Ipa Smp Kurikulum 2013 ,Contoh Judul Ptk Ipa Smp ,Contoh Judul Ptk Geografi ,Contoh Judul Ptk Fisika Smk ,Contoh Judul Ptk Bahasa Inggris Smp ,Contoh Judul Ptk Bahasa Inggris ,Contoh Judul Ptk Bahasa Indonesia Smp ,Contoh Judul Ptk Bahasa Indonesia Kelas 1 Sd ,Contoh Judul Ptk Bahasa Indonesia ,Artikel Ptk Kimia ,Contoh Instrumen Ptk Pai Sd Kelas 4 ,Contoh Instrumen Ptk Pai Sd ,Contoh Instrumen Ptk Pai ,Contoh Identifikasi Masalah Ptk Bahasa Indonesia ,Contoh Deskripsi Permasalahan Ptk Fisika Sma ,Contoh Abstrak Ptk Pkn Sd ,Ciri-ciri Ptk Seni Budaya ,Ciri Ciri Ptk Seni Budaya