tips kb iud

5 Hal Penting yang Harus diketahui Wanita Ketika KB IUD

Setiap pasangan suami istri pasti memiliki cara masing-masing dalam merencanakan keluarga. Salah satu pilihan yang paling populer adalah memakai alat KB IUD.

Namun, banyak juga yang khawatir dengan efek pemakaian IUD karena mereka percaya hal itu akan mempengaruhi aktivitas seksual dengan pasangannya.

Pertanyaannya, apa hubungan penggunaan IUD untuk merencanakan kehamilan dengan aktivitas seksual? Yuk simak terus artikelnya!

Apa itu KB IUD?

kb iud adalah

Seperti yang Anda ketahui, Intrauterine Device (IUD) adalah jenis alat kontrasepsi berbentuk huruf ‘T’ yang terbuat dari plastik dan dimasukkan ke dalam rahim wanita.

Namun, tujuannya tidak lain adalah untuk mencegah wanita hamil. Alat ini mungkin cukup populer karena banyak penelitian percaya bahwa hampir 90% efektif jika digunakan.

Tidak hanya itu, alat ini juga memiliki umur yang sangat panjang yaitu 5 tahun atau lebih tergantung dari jenisnya. Jadi, mungkin perawatannya agak rendah.

Apa yang mungkin membuat banyak wanita takut memakai IUD adalah bahwa hal itu juga menimbulkan risikobagi kesehatan, terutama dalam aspek kehidupan seks dengan pasangan.

Benarkah efek samping KB IUD ini akan mempengaruhi aktivitas seksual seseorang? Mari kita mengungkap!

Apakah ada Pengaruh Alat Kontrasepsi IUD?

Ya, salah satu efek yang paling sering disebutkan dari pemakaian IUD adalah apakah itu akan mempengaruhi kehidupan seks Anda dan pasangan Anda. Berikut beberapa hal penting yang perlu diketahui wanita:

1. IUD bisa menjadi penyebab pendarahan

IUD jenis hormonal berisiko menipiskan dinding endometrium, bagian dalam rahim yang akan berfungsi untuk mengeluarkan darah setiap kali wanita mengalami menstruasi.

👉 TRENDING  Mengapa Orang Lama Tidur

Jika dinding yang dimaksud ini menjadi sangat tipis, maka dapat teriris atau terluka akibat penetrasi penis ke dalam vagina. Akibatnya, darah akan keluar.

Segera temui dokter jika terjadi pendarahan setelah berhubungan seks, terutama jika disertai rasa sakit.

2. IUD dapat mempengaruhi penis

Faktanya, efek kb iud bagi suami adalah bersentuhan dengan penis saat berhubungan seks sangat rendah dan mungkin tidak perlu dikhawatirkan sama sekali.

Kecuali, ada juga kemungkinan alat tersebut dipasang di tempat yang kurang tepat dan terlalu ke bawah sehingga bisa menjadi penyebab terkena penis.

Untuk memastikan alat ini berada di tempat yang tepat, silakan hubungi dokter Anda.

3. Akan mempengaruhi siklus menstruasi wanita

efek samping kb iud

Ginekolog, dr Alyssa Dweck menyatakan, banyak wanita mengalami masalah kram dan pendarahan hebat setiap kali datang menstruasi dan itu sangat mengganggu.

Kabar baik bagi wanita yang memakai IUD hormonal, hal itu akan mempengaruhi siklus menstruasi wanita dengan baik dan akan membantu mengurangi gejala di atas.

Menurut penelitian, 20% wanita yang memiliki gejala ini dan memakai alat ini telah menerima efek positif.

4. IUD dipengaruhi oleh kejahatan seks kekerasan

IUD mungkin terpengaruh (dalam hal ini terdistorsi atau tidak pada tempatnya) sebagai akibat dari seks kekerasan yang dilakukan oleh Anda dan pasangan, namun ini bukan risiko tinggi.

Studi menyatakan bahwa bahaya ini hanya sekitar 5% dan itu hanya akan terjadi ketika hubungan seks Anda berdua berada pada tingkat yang sangat ekstrim.

Namun, seks yang aman dan normal mungkin tidak menimbulkan masalah.

5. Ini akan mencegah kehamilan

Jika kita berpikir dengan logika akal sehat, memang itulah tujuan wanita memakai alat kontrasepsi IUD, namun akan menjadi masalah jika Anda dan pasangan menginginkan anak.

👉 TRENDING  Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Ini karena Anda berdua perlu memikirkan untuk membuka atau membuang kembali alat ini dan tentu saja akan memakan waktu dan biaya. Singkatnya, itu agak tidak nyaman.

Karena itu, harap pasang IUD hanya jika Anda telah memutuskan untuk menghindari kehamilan.