kkn di desa penari

Kisah Nyata Atau Dongeng Tentang KKN Di Desa Penari?

Masih ada diskusi tentang KKN di Desa Penari, dan film saat thread ini dibuat, masih ramai di bioskop dan masih banyak orang yang mengantri tidak mendapatkan tiket. Ini mungkin memecahkan rekor sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa dan diharapkan untuk mendapatkan 7 juta penonton.

Kisah viral KKN ini pun sempat memicu perdebatan panjang. Dimulai dengan ulasan film, beberapa kritikus merasa bahwa film tersebut kurang dalam penceritaan dan pengembangan karakter. Namun di sisi lain, ada juga yang memuji film ini sebagai film hebat atau mahakarya tanpa cela yang mengangkat standar kualitas film horor Indonesia. Horornya, yang memuji film ini dari atap akan menyerang siapa saja yang mengkritik film ini, itu seperti kampanye politik memang.

Namun pertanyaannya, apakah film ini benar-benar berdasarkan kisah nyata, fiksi, atau fiksi berdasarkan kisah nyata?

Sejak pencipta cerita, SimpleMan, mengklaim bahwa ini adalah kisah nyata, hanya beberapa hal yang berubah, seperti jumlah karakter dan nama karakter yang disembunyikan. Bagi mereka yang skeptis atau tidak percaya dengan hal-hal mistis, tentu memiliki argumentasi tersendiri karena fakta-fakta tersebut tidak dapat diterima dengan akal sehat. Seperti adegan terjebak di hutan dan terkena genjutsu lalu makanannya berubah menjadi kepala monyet, itu hanya ada di dongeng-dongeng seperti Harry Potter.

Sementara itu, mereka yang percaya juga percaya bahwa Io masih menari di alam liar di sana. Ya, saya telah membaca banyak komentar di Tiktok dan sebagian besar komentarnya seperti ini, mereka menganggap kejadian itu 100% nyata.

Jika itu 100% nyata

Jika peristiwa KKN yang konon terjadi pada tahun 2009 ini memang nyata, maka bagi orang yang tidak percaya dengan ilmu gaib tentu akan meresahkan dan sulit dipercaya. Tapi kalau itu nyata, makhluk Badraw itu benar-benar ada. Ayo Jiwa terus menari. Ya, ini aneh. Namun sayangnya, sebagian besar masyarakat kita mempercayai hal seperti itu.

👉 TRENDING  Dorce Gamalama Meninggal Hari Ini, Selamat Jalan Bunda Dorce

Masyarakat kita percaya cerita seperti ini, babi lebih cenderung percaya bahwa Bumi itu bulat, dan sulit untuk percaya bahwa manusia purba seperti Homo erectus ada, terlepas dari bukti dan fosil. Mereka percaya bahwa makanan bisa berubah menjadi kepala monyet.

Kesimpulannya, cerita KKN ini benar adanya. Jadi kejadian ini adalah kejadian yang sangat luar biasa dan semua orang harus tahu betapa gilanya kejadian ini. Jika ada kejadian di Indonesia yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah tapi benar-benar nyata.

Kisah nyata yang dimodifikasi?

Kemungkinan kedua, cerita KKN diambil dari kisah nyata tetapi telah dimodifikasi sedemikian rupa dan dengan menambahkan atau mengurangi nama samaran secara berlebihan. Mungkin cerita sebenarnya adalah skemanya hanya sekelompok siswa yang mengikuti KKN di sebuah desa, kemudian dua di antaranya pergi ke mana-mana dan pasangan itu menderita penyakit misterius dan akhirnya meninggal. Tidak ada acara aneh lainnya seperti menari dan genjutsu di hutan.

Ya, itu bisa terjadi. Namun, untuk membuat cerita lebih menarik, hal-hal lain telah ditambahkan. Bagaimana itu mulai masuk akal?

100% fiksi dan trik pemasaran?

Kemungkinan terakhir adalah bahwa ini semua fiksi dan tidak pernah terjadi di dunia nyata. Itu juga sangat wajar sebenarnya.

Ada banyak tokoh yang terlibat dalam cerita ini dan konon awalnya ada puluhan orang yang terlibat dalam KKN. Kemudian dia bergabung dengan karakter lain dari kota. Namun, hal baiknya adalah semua rahasia dirahasiakan. Ya, itu bagus bahwa tidak satupun dari mereka muncul sebagai pemenang.

Jika kita bandingkan dengan film-film horor lain berdasarkan kejadian nyata, seperti The Conjuring (2013) dan The Exorcism of Emily Rose (2005), para aktor dalam cerita-cerita ini berada di dunia nyata dan bahkan mungkin diwawancarai, ya, oleh Por Tentu saja percaya atau tidak… untuk semua tubuh. Sedangkan dari cerita KKN ini kita tidak bisa bertemu dengan salah satu karakter yang ada, kita hanya bisa bertemu dengan SimpleMan dan itu juga merupakan identitas anonymous.

👉 TRENDING  SaveFrom IG situs Download Reels, Stories, IGTV Instagram

Banyak komentar yang menyatakan bahwa ini semua hanyalah siasat pemasaran agar bisa laris manis saat difoto. Thread KKN menjadi viral pada Agustus 2019 dan filmnya selesai dan siap rilis pada Maret 2020, yang berarti proses produksi hanya membutuhkan waktu 6 bulan termasuk pra-produksi.

Jika ini benar-benar fiksi, siapa pun yang menulis cerita akan menjadi yang terhebat dan terkeren yang dapat meyakinkan jutaan orang untuk menulis cerita yang sangat bagus ini.

Jadi, saudara, opsi mana yang lebih Anda percayai?

Yang jelas apakah ini fiksi atau fakta, moralitas harus dilestarikan di tempat orang. Tanpa kisah Ayu dan Bima pun, tata krama dan adab tetaplah wajib dijaga sebagai pertanda kita adalah homo sapiens yang artinya manusia bijaksana.