Download ptk bahasa jawa

Judul PTK Bahasa Jawa Kurikulum Merdeka 2020 Terbaru

Judul PTK Bahasa Jawa -Hasil belajar siswa kelas 3 SDN2 Pekaja Kabupaten Banyumas pada pembelajaran materi bacaan Jawa Jawa semester 1 tahun ajaran 2014/2015 masih rendah contoh ptk bahasa jawa. Hal ini terjadi karena guru pembelajaran masih menerapkan model tradisional kurikulum merdeka.

Penerapan model ini tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan belajar lebih aktif. Hal ini akan mengurangi hasil belajar siswa kurikulum merdeka.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Berdukungan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Nglegena Bahasa Jawa Siswa Kelas III SDN2 Peka Kabupaten Jawa”. itu dilakukan.

Contoh ptk bahasa jawa sd

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.

Metode perolehan data yang digunakan yaitu metode tes dan non tes. Dengan menerapkan model Quantum Learning menggunakan media puzzle, indikator keberhasilan penelitian tindakan di kelas yaitu nilai kinerja guru minimal 71 ptk bahasa jawa kelas 6. Setidaknya 70% siswa aktif belajar dalam kegiatan pembelajaran. Rata-rata siswa memiliki hasil belajar minimal 65 dan persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 75% ptk mulok.

Download PTK

Contoh proposal ptk bahasa jawa smp

Hasilnya, pada siklus I nilai kinerja guru adalah 76,33 termasuk kategori B (baik). Persentase aktivitas belajar siswa adalah 69,89% termasuk kategori aktif. Rata-rata hasil belajar siswa adalah 61, dan integritas belajar siswa secara klasikal adalah 63,33% ptk bahasa jawa kelas 7.

👉 TRENDING  Download PTK SMA Lengkap Terbaru Dalam Bentuk Word

Pada siklus II nilai kinerja guru adalah 87,59 termasuk kategori A (sangat baik). Persentase aktivitas belajar siswa ptk bahasa jawa kelas 8 sebesar 88,44% termasuk kategori paling aktif. Rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,83, dan integritas belajar siswa secara klasikal adalah 83,33% .

Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Survei ini dilakukan di kelas III SDN 2 Pekaja Kabupaten ptk bahasa jawa kelas 9 Banyumas untuk belajar bahasa Jawa dengan membaca aksara Jawa nglegena. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kuantum berbantuan media kurikulum merdeka muatan lokal.

Contoh proposal ptk bahasa jawa smk

Pada tahun pelajaran 2013/2014, hasil belajar SD Negeri 1 Sijeruk Kelas III Pandhawa di Kabupaten Kendal masih rendah. Pembelajaran yang dilakukan bersifat klasikal dan tidak banyak perubahan dalam penyediaan materi pembelajaran ptk kelas 1.

Mudah bosan karena saya hanya mendengarkan penjelasan guru.  Dengan kata lain, “Dapatkah penerapan model index card match tidak hanya meningkatkan kinerja guru kelas 3 SD Negeri 1 Sijeruk Kabupaten Kendal, tetapi juga aktivitas dan hasil belajar siswa? Tentang materi tokoh Pandawa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Peningkatan kualitas pembelajaran dalam penelitian ini meliputi aktivitas dan hasil belajar siswa, serta kinerja guru.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam satu siklus. penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri 1 Sijeruk Kabupaten Kendal tahun ajaran 2014/2015, dan data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 27 orang ptk kelas 2.

Berisi data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non -metode tes Indikator keberhasilan kegiatan belajar siswa yaitu klasikal minimal 75% siswa Absensi dan keterlibatan/kegiatan siswa minimal 75% Ukuran keberhasilan siswa ess dalam hasil belajar adalah rata-rata nilai dan tingkat ketuntasan minimal 70 ptk kelas 3.

👉 TRENDING  Download PTK PKn SMA Sebagai Referensi Penyusunan

Contoh proposal ptk bahasa jawa sma kurikulum merdeka

Klasik minimal 75% dan skor > 70. Ukuran keberhasilan kinerja guru minimal B (71-80).
Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 63,46% dalam kategori aktif. Aktivitas belajar siswa meningkat  ptk bahasa jawa kelas 11 sebesar 11,8 poin pada siklus II menjadi 75,26% dengan kategori sangat aktif.

Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 60,25, dan pada siklus II meningkat 22,19 menjadi 82,44. Tingkat ketuntasan ptk bahasa jawa kelas 11 belajar klasikal pada siklus I sebesar 70%, dan pada siklus II meningkat sebesar 30% menjadi 100%. Nilai kinerja guru pada siklus I sebesar 82,13 dengan kategori AB.

Nilai kinerja guru pada siklus II meningkat dari 12,28 menjadi 94,41 pada Kategori A. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model index card match dapat meningkatkan kinerja, aktivitas dan hasil belajar guru kelas III SD Negeri I ptk bahasa jawa kelas 12.

Sijeruk untuk belajar bahasa Jawa. bahan pandawa. Saran kepada guru hendaknya selalu berusaha berinovasi agar dapat memilih model pembelajaran yang akan digunakan.

Download PTK Bahasa JAWA

BAHASA JAWA SD 1
PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AKSARA JAWA NGLEGENA PADA SISWA KELAS III SD [DOWNLOAD]

BAHASA JAWA SD 2
PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOKOH PANDHAWA MENGGUNAKAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIJERUK KABUPATEN KENDAL [DOWNLOAD]

BAHASA JAWA SD 3
PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA WAYANG MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK SISWA KELAS V SD [DOWNLOAD]

BAHASA JAWA SD 4
PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AKSARA JAWA NGLEGENA PADA SISWA KELAS III SD [DOWNLOAD]

👉 TRENDING  Penelitian Tindakan Kelas PAI untuk SD SMP SMA Lengkap

BAHASA JAWA SD 5
PENGEMBANGAN BUKU KERJA SI MACAN JAWA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BAGI SISWA KELAS III SD [DOWNLOAD]