Cara Mendaftar Kurikulum Merdeka Belajar dengan SMPKB

Cara Mendaftar Kurikulum Merdeka Belajar dengan SMPKB

Sebenarnya cara mendaftar kurikulum merdeka belajar dapat dilakukan dengan dua metode. Namun yang sering dipilih oleh para guru yang ada di Indonesia yaitu menggunakan SMPKB. Hal itu dikarenakan cara ini sangat mudah untuk diterapkan dan praktis.

Hal-Hal yang perlu Dipersiapkan Sekolah dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka

Perlu diketahui bahwa dalam penerapan kurikulum merdeka tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Satuan pendidikan dari berbagai tingkatan wajib mempersiapkan beberapa hal secara matang. Hal itu bertujuan untuk mempermudah dalam pelaksanaannya.

1. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Kegiatan Belajar Mengajar

Untuk mewujudkan tercapainya tujuan dari kurikulum merdeka. Dalam hal ini kepala sekolah selaku pemimpin harus segera memprioritaskan waktu dan energi lebih banyak. Dengan maksud untuk memandu perencanaan, refleksi dan pendampingan.

Di samping itu kepala sekolah juga harus memahami terlebih dahulu tentang isi dari kurikulum merdeka. Salah satu isinya yaitu berbasis kompetensi dan tidak lagi konten. Nantinya, dalam penerapannya akan lebih fokus pada pemahaman materi.

2. Memulai Berbagai Praktek

Kegiatan berbagai praktek ini dapat dilakukan oleh para guru yang ada di lembaga sekolah masing-masing. Dalam hal ini nantinya memungkinkan para tenaga pendidik untuk saling belajar. Dengan cara berdiskusi atau saling sharing dengan teman sejawat.

Hal itu dapat dilakukan dengan guru sesama mata pelajaran atau yang berbeda. Bukan hanya itu saja, para pendidik juga bisa mendoblikasikan proyek dari pahlawan tanpa tanda jasa lainnya. Namun dengan catatan harus sesuai pada kebutuhan belajar para peserta didik.

👉 TRENDING  Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Pakai PowerPoint

3. Membiasakan Refleksi

Kebiasaan melakukan refleksi ini bertujuan agar para tenaga pendidik tidak cepat menyerah atau berputus asa. Bahkan yang lebih parahnya bisa menyalahkan keadaan jika menemukan sebuah rintangan dalam beradaptasi. Dengan begitu kegiatan ini sangat penting dilaksanakan.

Di samping itu kegiatan ini dimanfaatkan untuk memperbaiki kepemimpinan dan pembelajaran. Di dalam kurikulum tersebut terdapat berbagai hal baru. Seperti kolaborasi antar mapel, pembelajaran berbasis proyek dan ditemukan pengaturan alokasi waktu per tahun.

4. Peningkatan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah

Salah satu yang harus diperhatikan sebelum menerapkan kurikulum Merdeka yaitu meningkatkan. Hal itu dikarenakan tenaga pendidik yang berkompeten sangat diperlukan dalam program tersebut. Untuk itu para guru harus terus belajar dengan mengikuti pelatihan.

Pelatihan yang dilakukan para guru itu dapat secara online maupun offline. Bukan hanya itu saja tetapi bisa menggunakan platform belajar yang banyak ditemukan di internet. Bahkan platform itu juga menyediakan seminar-seminar tentunya tanpa harus mengeluarkan uang/gratis.

Cara Mendaftar Kurikulum Merdeka Belajar di SMPKB

Untuk cara mendaftar kurikulum Merdeka belajar di smpkb sebenarnya sama dengan yang dilakukan Mandiri. Perbedaannya hanya terletak pada web yang harus dikunjungi. Daripada semakin penasaran langsung saja berikut tata cara yang bisa diikuti.

  • Pertama kunjungi link pendaftaran di laman berikut https://sim-gurubelajar.simpkb.id.
  • Setelah itu masuk menggunakan akun SIM PKB yang telah terdaftar sebelumnya.
  • Nanti pada laman utama, pilih klik tombol daftar.
  • Tunggu hingga muncul notif selanjutnya.
  • Bacalah dengan seksama yang terdapat dalam laman tersebut.
  • Jika sudah klik tombol ikuti pembelajaran.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai.
  • Tahap selanjutnya yaitu silakan tonton video pembelajaran implementasi kurikulum merdeka.
  • Apabila sudah selesai klik tombol isi kuesioner.
  • Isilah dengan cermat dan hati-hati.
  • Pendaftaran selesai.
👉 TRENDING  Prinsip Asesmen Kurikulum Merdeka dan Jenis Jenisnya

Demikianlah cara mendaftar kurikulum merdeka belajar di SMP KB. Namun dalam hal ini pastikan sudah memiliki nilai KD di atas rata-rata. Maka dari itu untuk mewujudkannya para guru harus terus belajar baik secara mandiri maupun melalui seminar.