DOWNLOAD PTK PPKN

Judul PTK PPKn SD Kurikulum Merdeka Belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V MI Klumpit, Karanggede, dan Boyolali PTK PPKn SD Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat mencoba cara-cara yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan prestasi siswa PTK PPKn SD Kurikulum Merdeka.

Salah satu metode pembelajaran yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah metode pemilahan kartu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas prestasi belajar siswa setelah penerapan metode card sorting dan pemahaman pembelajaran PPKn kelas V MIKlumpit di Karangede, Boyorari.

Pertanyaan pokok yang dijawab dalam penelitian ini adalah apakah metode pemilahan kartu dapat meningkatkan hasil belajar PPKn kelas V MI Klumpit, Karanggede dan Boyolali. Jenis survei yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan metode card sorting PTK PPKn SD Kurikulum Merdeka.

Semua subjek penelitian adalah siswa kelas V MIKlumpit Kec. Karangede, lobak. Boyora. Data penelitian ini diperoleh melalui pemberian tes formatif untuk menentukan nilai siswa, dengan pokok bahasan utama pemahaman kebebasan berorganisasi.

Contoh PTK PPKn SD

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa metode pemilahan kartu dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn kelas 5 MIKlumpit Kec. Karangede, lobak. Boyora 2014/2015. Hal ini ditunjukkan berdasarkan integritas belajar siswa.

Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I adalah 10 siswa (55,6%), siklus II 15 siswa (83,3%), dan siklus III 18 siswa (100%). telah melakukan. Saat mencapai nilai rata-rata Kelas siklus I adalah 71,66, siklus II adalah 79,72, dan siklus III adalah 88. Dari rata-rata tersebut, terjadi peningkatan 8 poin dari siklus I ke siklus II, dari siklus II ke siklus II. Siklus III.

👉 TRENDING  Contoh PTK PKn SMP untuk Kelas 7 Kelas 8 dan Kelas 9 Doc

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis proses pembelajaran pendidikan hak sipil bertema kebebasan berorganisasi melalui metode mind mapping yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Al Jihad 3 Kebonrejo Salaman Magelang.

Dikatakan bahwa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Al Jihad 3 Kebonrejo pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan lemahnya proses pembelajaran yang sedang berlangsung PTK PPKn SD Kurikulum Merdeka.

Download PTK

Proposal PTK PPKn Kurikulum Merdeka

Selama ini pembelajaran masih berorientasi pada guru, tetapi siswa hanya mengajar objek yang sering diinformasikan. Hal ini dikarenakan metode ceramah guru yang tidak tepat, sehingga pembelajaran bersifat sepihak dan kurangnya partisipasi aktif siswa Kurikulum Merdeka PTK PKn.

Pengamatan pada saat post-test dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa hanya 60,00. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) gabungan yang dilakukan oleh guru dan peneliti, dan ditargetkan pada sembilan siswa kelas V MI Al Jihad 3 Kebonrejo Salaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode mind mapping dapat meningkatkan kinerja siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Siklus I dan Siklus II Kurikulum Merdeka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan prestasi siswa. Rata-rata pra tindakan adalah 60,00 dan persentase integritas adalah 22,22% Kurikulum Merdeka.

Pada siklus I meningkat dan rata-rata kelas yang diperoleh adalah 67,22 persentase 55,55%, sedangkan pada siklus II persentase keseluruhan meningkat 100% Kurikulum Merdeka.

Rata-rata yang diperoleh adalah 79,44. Nilai rata-rata untuk pra siklus, siklus I hingga siklus II adalah 68,89. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terlihat adanya peningkatan pada setiap siklusnya Kurikulum Merdeka.

👉 TRENDING  PTK Bahasa Inggris Baru Download Lengkap SMP dan SMA

Laporan PTK PPKn SD

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PPKn kelas V SD Inpres Tavanjuka. Alternatif pemecahan masalah adalah penggunaan pembelajaran dengan model pembelajaran kolaboratif Numbered Heads Together Kurikulum Merdeka.

Survei ini dilakukan dalam satu siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Tavanjuka yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan.

Pengumpulan data dilakukan melalui lembar aktivitas siswa dan guru (observasi), hasil tes tindakan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru meningkat secara signifikan dari siklus I ke siklus II Kurikulum Merdeka ptk lengkap doc.

Hasil tes tindakan siklus I diperoleh integritas klasikal sebesar 59,46%, dan siklus II mengalami peningkatan kemampuan belajar yang signifikan sebesar 91,89%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 32,43%.

Hasil serapan klasikal pada siklus I sebesar 70,59% dan serapan klasikal pada siklus II sebesar 80,81%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat peningkatan hasil pendidikan kewarganegaraan dari Siklus I ke Siklus II adalah 10,22%.

Berdasarkan indikator kinerja, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe numbered head-to-gather yang dilakukan dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar PPKn kelas V SDInpres Tavanjuka.

Download PTK PPKn Sd

PKN SD 1
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PKN MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS V MI [DOWNLOAD PTK]

PKN SD 2
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI [DOWNLOAD PTK]

PKN SD 3
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD [DOWNLOAD PTK]

👉 TRENDING  Judul PTK PAI Fiqih Aqidah akhlak Quran hadits Bahasa arab

PKN SD 4
MENINGKATKAN PRESTASI BELAHAR PKn SISWA KELAS II SD DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE JIGSAW [DOWNLOAD PTK]

PKN SD 5
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD [DOWNLOAD PTK]

PKN SD 6
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK SISWA KELAS V SD [DOWNLOAD PTK]