doa mandi wajib

Doa Mandi Wajib Untuk Laki-Laki Menurut Agama Islam

Doa Mandi Wajib Untuk Laki-Laki Menurut Agama Islam-Mandi wajib termasuk dalam rangkaian ibadah. Mengapa disebut penting, karena seperti wudhu yang merupakan rukun sholat hal tersebut karena ketika akan melaksanakan sholat, Anda harus benar-benar bersih dari semua hadas baik hadas kecil maupun hadas besar.

Hadas kecil contohnya buang angin, keluarnya sesuatu dari qubul dan dubur seperti buang air kecil dan buang air besar, menyentuh kelamin. Dan itu semua dapat disucikan dengan berwudhu. Sedangkan hadas besar disucikan dengan mandi wajib.

Namun itu semua masih ada yang kurang memperhatikan aturan-aturan dalam mandi wajib contohnya doa mandi wajib dan langkah-langkahnya. Bagi Anda yang baru saja pubertas atau mencapai akil baligh dalam Islam mungkin masih belum mengetahui penyebab dilakukannya mandi wajib. Untuk perempuan dan laki-laki memiliki doa yang berbeda.

Salah satu alasan Anda mandi wajib yaitu keluarnya air mani. Jika Anda mengeluarkan air mani, maka wajib hukumnya untuk melakukan mandi wajib yang bertujuan untuk menyucikan diri.

Bacaan Doa Mandi Wajib Bagi Laki-laki

Doa yang bisa Anda ucapkan sebelum mandi wajib adalah niat. Niat mandi wajib adalah langkah pertama dalam tata cara mandi wajib. Doa niat mandi wajibnya yaitu:

Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari minal janabati fardlon lillahi ta’aala.

Niat tersebut Anda ucapkan dalam hati sebelum melakukan mandi wajib. Setelah itu dilanjutkan dengan membersihkan anggota badan Anda sebanyak tiga kali mulai dari tangan, kemudian berwudhu dan tahapan lainnya yang harus Anda lakukan berurutan.

niat dan tata cara mandi wajib

Selanjutnya ketika Anda melakukan mandi wajib selain doa yang menjadi syarat sahnya. Anda juga harus memperhatikan hal-hal seperti yang sudah disebutkan tadi yaitu niat dalam hati, menggunakan air yang bersih, suci dan mubah. Maksudnya adalah air bersih harus berasal dari air mengalir dan jumlahnya berlebih.

👉 TRENDING  Langkah-Langkah Mandi Wajib Beserta Niat Untuk Laki-Laki

Dan yang paling utama adalah berakal serta beragama Islam. Air bersih, suci dan yang banyak ini memastikan jika mandi wajib yang Anda lakukan adalah bertujuan agar anggota badan Anda benar-benar suci dan bersih.

Lalu tidak ada yang menghalangi air menuju ke kulit. Jadi anggota badan Anda jangan ada yang tertutupi oleh penutup rambut misalnya. Lalu bagaimana jika tidak terdapat air atau terjadi kekeringan?
Hal yang dapat Anda lakukan adalah tayamum seperti yang diriwayatkan hadits berdasarkan ajaran Rasulullah. Anda dapat bertayamum dengan mengambil atau membasuh tangan Anda ke tanah atau pasir. Lalu Anda tiup dan basuhkan ke wajah Anda.

Hal tersebut dapat Anda lakukan jika di tempat Anda benar-benar tidak ada air. Lalu selanjutnya Anda harus melakukan mandi wajib yang benar jika sudah terdapat air.

Berdoa Setelah Mandi Wajib

Berdasarkan ajaran Rasulullah yang tertulis dalam hadits menyebutkan bahwa doa yang dilakukan ketika mandi wajib tidak hanya niat. Namun setelah mandi wajib selesai Anda dapat membaca doa mandi wajib ini.

Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluhu, allahumma-jalni minattawwabina, waj-alni minal-mutathahirrina

Artinya Anda memohon ampun dengan mandi wajib ini Anda berniat untuk mensucikan diri dari hadas besar. Semoga dengan mandi wajib dan doa yang diucapkan ini Anda dapat menjadi golongan-golongan yang termasuk bertaubat dan bersuci.

Itulah doa-doa yang bisa Anda panjatkan sebagai syarat sahnya dan tata cara mandi wajib ini. Semoga segala amal ibadah dapat diterima dengan berikhtiar mensucikan diri ini.