niat mandi wajib

Niat Mandi Wajib dan Doa Untuk Laki-Laki Serta Perempuan

Niat Mandi Wajib dan Doa Untuk Laki-Laki Serta Perempuan-Mandi wajib tidak hanya dilakukan dengan menyiramkan air ke tubuh begitu saja. Atau membersihkan badan dengan sabun seperti mandi biasa pada umumnya. Bukan, Mandi wajib dilaksanakan dengan cara-cara khusus dan tak lupa harus membaca doa niat mandi wajib.

Nah untuk doa niat itu sendiri apabila disebabkan oleh hadas besar yang berbeda maka niatnya berbeda. Begitu juga antara laki-laki dan perempuan juga memiliki doa yang berbeda.

Perempuan yang telah mengalami haid atau setelah nifas memiliki doa mandi wajib yang berbeda dengan laki-laki yang mengalami mimpi basah.

Namun untuk apabila disebabkan karena berhubungan badan suami istri, maka doa mandi wajib antara perempuan dan laki-laki sama. Lalu bagaimana doa niat mandi wajib itu? Simak informasinya di bawah ini.

Doa Mandi Wajib Lengkap Perempuan Dan Laki-Laki

– Niat mandi wajib setelah berhubungan badan dan setelah keluarnya air mani

Sedangkan Niat ini dapat dibaca untuk laki-laki dan perempuan. Niat ini bisa dikategorikan niat mandi wajib secara umum. Bacaannya yaitu:

Nawaitul ghusla liraf ‘il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta’aala.

Ketika seseorang selesai berhubungan badan maka ia wajib mandi wajib sebagai syarat sahnya sholat. Mandi wajib ini tidak dapat digantikan dengan wudhu jika Anda akan melaksanakan sholat. Hal tersebut karena wudhu digunakan untuk membersihkan diri dari hadas kecil.

Mandi wajib digunakan untuk mensucikan diri dari hadas besar. Namun banyak yang bertanya-tanya jika hubungan badan di malam hari dan akan melaksanakan sholat di pagi harinya apabila terasa dingin sekali atau Anda sakit maka dapat diganti dengan tayamum.

👉 TRENDING  Niat Mandi Wajib Setelah Haid Serta Tata Cara Mandi Wajib

cara mandi wajib

Sebagian dari ulama menyebutkan jika memang tidak ada air atau cuaca sangatlah dingin hingga membuat diri tidak kuat menyentuh air maka bisa dilakukan dengan tayamum. Jadi ketika Anda dalam keadaan junub jika dalam kondisi tersebut, tayamum dapat menggantikan mandi besar.

Beberapa ulama ada yang menyebutkan tayamum tersebut sah sehingga Anda tidak perlu mandi wajib lagi jika ada air namun ada juga yang menyebutkan jika perlu dilakukan mandi wajib setelah ada air.

-Niat mandi wajib Setelah Haid

Lalu niat ini diperuntukkan dibaca oleh perempuan setelah mengalami haid. Doa mandi wajib yang bisa dibaca yaitu

Nawaitul ghusla liraf’i hadatsil haidil lillahi Ta’aala.

Perlu dipahami Haid atau menstruasi adalah proses ketika dinding rahim mengalami penebalan dan ketika itu sel telur tidak mengalami pembuahan sehingga akan meluruh.

Haid ini dialami karena adanya perubahan fisiologis yang disebabkan oleh hormon dan normal terjadi setiap bulan. Haid ini merupakan siklus normal yang terjadi pada wanita setiap 3 sampai 8 hari setiap bulan.

– Niat mandi wajib Setelah Nifas

Selanjutnya ketika wanita telah selesai mengalami nifas, doa niat yang dibaca juga berbeda ketika selesai mengalami haid. Berbeda dengan haid yang paling lama hanya selama 8 hari.

Nifas terjadi selama kurang lebih 40 hari setelah seorang wanita melahirkan. Nah doa yang dibaca untuk mandi wajib yaitu:

Nawaitul ghusla liraf’i hadatsin nifaasi lillahi Ta’aala.

Itulah doa niat mandi wajib yang bisa dibaca oleh perempuan dan laki-laki. Dari informasi ini Anda tidak akan keliru lagi membaca doa mandi wajib.

Jadi setelah haid Anda wajib membaca doa khusus setelah haid jangan keliru membaca doa yang secara umum. Dengan begitu Anda telah melakukan tata cara mandi wajib dengan baik dan benar.