doa mandi junub

Doa Mandi Junub Setelah Haid dan Berhubungan Badan

Doa Mandi Junub Setelah Haid dan Berhubungan Badan-Berdasarkan surat Al Maidah ayat 6 tertulis perintah Allah yang mengharuskan untuk melakukan mandi junub baik itu setelah haid atau setelah berhubungan badan.

Ketika dalam keadaan junub perintah tersebut menyebutkan untuk tidak menunda-nunda mensucikan diri. Jadi setelah haid selesai Anda harus segera melakukan mandi junub.

Ketika Anda sakit, berada di perjalanan dan tidak ada air sama sekali maka disarankan juga untuk membersihkan diri dengan bertayamum sesegera mungkin. Mandi junub atau mandi junub ini diawali dengan doa mandi junub.

Untuk perempuan yang telah selesai haid dan setelah berhubungan badan memiliki doa yang berbeda. Mandi junub mungkin terlihat seperti mandi yang biasa Anda lakukan sehari-hari.

Namun perlu Anda ketahui bahwa mandi junub atau mandi wajib harus disertai dengan doa dan mengikuti cara-cara yang telah dituliskan dalam hadits.

Hal tersebut bertujuan agar tubuh benar-benar bersih sehingga kembali suci dari najis dan kotoran. Lalu bagaimana doa mandi junub yang benar? Simak selengkapnya berikut ini.

Doa Niat Melakukan Mandi Wajib Atau Mandi Junub

– Niat mandi Junub setelah haid

Niat mandi wasjib yang dibaca yaitu “Nawaitul ghusla liraf’i hadatsil haidil lillahi Ta’aala.” Niat doa mandi junub yang dibaca setelah haid dengan setelah berhubungan badan berbeda karena memiliki arti yang berbeda.

mandi junub setelah berhubungan

– Doa Niat mandi wajib setelah berhubungan badan

Sedangkan doa mandi junub yang dibaca setelah berhubungan badan adalah “Nawaitul ghusla liraf ‘il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta’aala.” Niat mandi junub ini memiliki arti secara umum untuk membersihkan diri dari hadas besar. Jadi niat ini dapat dibacakan untuk laki-laki maupun perempuan.

👉 TRENDING  Niat Mandi Wajib dan Doa Untuk Laki-Laki Serta Perempuan

Setelah membaca niat mandi junub ini Anda dapat melanjutkan tata cara mandi wajib selanjutnya.

Secara garis besar tata cara mandi wajib dilakukan sebanyak delapan langkah termasuk dalam niat di dalamnya. Jadi langkah pertama membaca basmallah dan niat secara sungguh-sungguh.

Niat yang dibaca juga harus sesuai dengan penyebab Anda melakukan mandi wajib. Nah berikut ini adalah tahapan selanjutnya setelah membaca niat.

– Lalu tahapan setelah niat adalah membersihkan kedua tangan dari kotoran.

Kedua tangan dicuci sebanyak tiga kali. Tujuannya agar terhindar dari najis dan kotoran.

– Kemudian mencuci bagian intim

Anda dapat membersihkan kemaluan hingga bersih. Jangan lupa untuk menggunakan tangan kiri Anda saat membasuhnya.

– Membersihkan tangan lagi

Setelah membersihkan bagian intim, cuci kembali tangan Anda menggunakan sabun agar benar-benar bersih.

– Berwudhu

Tahapan selanjutnya adalah berwudhulah. Setelah tangan dan bagian intim Anda dibersihkan selanjutnya agar terjaga dari hadas kecil Anda dapat berwudhu sebelum melanjutkan mandi junub.

– Membasuh kepala

Selanjutnya Anda dapat menyiram kepala sebanyak tiga kali dari pangkal rambut sampai ujung rambut. Anda dapat menggunakan sampo agar bersih dan jangan lupa harus basah semua.

Anda dapat menyela-nyela rambut menggunakan jari tangan namun hal tersebut wajib dilakukan laki-laki dan sunah dilakukan perempuan.

– Menyiram seluruh tubuh

Setelahnya Anda bisa membasahi seluruh badan mulai dari bagian kanan terlebih dahulu. Lalu bagian kiri dan semuanya dilakukan sebanyak tiga kali.

– Membilas semuanya sampai bersih dari kepala hingga ke ujung kaki.

Jangan lupa untuk menggosokkan bagian-bagian tersembunyi dan sulit dijangkau.
Itulah tata cara melakukan mandi junub.

Seperti aturan dalam berwudhu, Anda harus urut melakukannya dan membaca doa mandi junub dengan benar.