investasi bagi pemula

5 Strategi Investasi harus dilakukan ketika Uang Terbatas

Beberapa hari yang lalu gue ketemu temen kantor lama, terus dia tanya…
Eh investasi apa yang bisa bikin kaya?
Telat ga’ gue ya?”

Rambutnya mulai memutih, mungkin terpikir pensiun 15 tahun lagi.
Terus gue bilang “Belum telat. Masih ada waktu. Betulkan satu persatu.”

Postingan kali ini akan membahas apa yang perlu kamu pertimbangkan jika mengalami kondisi serupa. Btw, terimkasih buat kamu yang mau baca ya dan terus dukung yah…

1. dilarang buang duit

Maknanya apa?
Jangan membuang duit karena scam yang tidak masuk akal. Misalnya ngasih return 1% per hari, 50% per bulan ditambah janji “Konsisten+Zero risk”

Kalau kamu memasukkan uang kesana, sudah pasti membuang duit. Gak akan balik duitnya, karena hitungan ekonominya gak masuk.

Gimana bisa kaya kalau kena scam terus?
Ga’ logis.

2. Porsi investasi meningkat

Gue bilang ke temen-emen fresh graduate dan yang sudah seior.

Di awal, alokasi investasi sedikit nggak masalah. Tapi harus meningkat seiring berjalannya waktu.

Kenapa?

Karena untuk mengakselerasi pertumbuhan income pas tua nanti.

3. Investasi pengetahuan

Berkembangnya waktu, alternatif investasi makin banyak, model bisnis juga berkembang kan???

Kalau mau stay relevant, duitnya terjaga sampai tua, maka kamu harus mau mengunyah ilmu makin banyak.

Caranya beragam:
a. baca buku “berkualitas”
b. join komunitias yang “bener”
c. seminar (ada yang berbayar atau gratis)

Itu contoh-contohnya…

5 Investasi yang harus dilakukan ketika duit Terbatas

Investasi membutuhkan modal, ragamnya antara uang, waktu, tenaga, sudah pasti kan?

👉 TRENDING  Harga BBM Pertamina Naik Lagi dan LPG 12 Kg Tembus Rp 208.000

Namun ada kalanya uang sedang terbatas nih, apakah masih ada yang bisa kita kembangkan? Jelas ada dong!

Kita tetap akan mengeluarkan uang, namun dibatasi dan seharusnya masih masuk akal. So, investasi apa saja tuh?

Let’s check!

1. Buku

Dari ribuan buku, paling hanya akan ada 10 buku yang sesuai dengan jalan ninja kita. Jadi membaca banyak bukan mengikuti semuanya.

Karena berpikir lebih penting dari membaca. Memiliki buku yang bagus akan:
– mempertajam analisis
– cara mikirnya lebih terstruktur

buku yang bagus di tentukan 2 topik fundamental: siapa penulis dan konteks.

2.Komunitas, Network atau Seminar

Tidak perlu yang mahal, cari saja yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Goalnya simple: mengakslerasi belajarmu sehingga lebih cepat.

Gunakan dan praktikkan, agar menghasilkan impact positif. Gausah pamerin hartanya. Well, flexing modern sekarang:
-punya uang tapi anonim
-badan sehat gaperlu klaim asuransi

Simplicity is the new rich

3. Pengalaman

Kerja lebih banyak atau travelling ke berbagai lokasi adalah contoh investasi dalam pengalaman. Terkadang rejeki muncul dari pengalaman yang tak di sangka.

Misalnya saat ini sukses membangun usaha persewaan gerobak karena dulu pernah mencoba dagang kaki lima dan gerobaknya dicuri.

Pasti kamu punya banyak pengalaman, apa yang paling mengesankan?

4. Makanan dan Fisik

Makanan sehat nggak harus mahal, tempe dan tahu sehat weeyy.. Cuma memang ngebosenin, ya kadang kita sikat fast food okelah. Gue juga masih suka jajan sembarangan.

Fisik dijaga pakai olahraga. Beli sepatu olahraga boleh lah, kan ga mahal juga.

Jadinya badan sehat, bisa cari uang lebih banyak nantinya.

5. Investasi di Bisnis

Entah bisnis orang (bursa efek atau private), maupun bisnis sendiri (side hustle/primary)

👉 TRENDING  Apa itu Metaverse, Dunia Virtual serta Crypto dan NFT di Indonesia

Memeiliki investasi di bisnis akan beneran bantuin kamu di masa depan. Asal sabarrrrr. Kalau gak sabar, maunya cepat, ya paling kamu akan jadi korban investasi bodong..

Itulah kenapa,
“invest in yourself pay the best interest.”

Namanya uang lagi terbatas, dikeluarinnya pasti mikir 2-3x. Di situ seninya, terbiasa berpikir dan nggak gampangin.

Jadiii, kalau sekarang kamu punya uang dan bisnis dimana-mana, inget deh dulunya seperti apa.

Kalau masih belum punya uang ya kerja keras ditingkatin, dibumbuin kecerdikan dikit. Alrite?