Cara Flash Android

Cara Flash Android Melalui SD Card Tanpa Ribet

Anda sering menemukan smartphone yang tiba-tiba tertinggal atau terjadi error saat digunakan. Masalah ini biasanya terjadi karena RAM yang tidak mencukupi. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mem-flash ponsel Android. Lalu bagaimana cara flash android via sd card tanpa menggunakan pc atau laptop?

Jika tidak diaktifkan, Android akan rusak parah. Oleh karena itu, Android perlu segera diinstal ulang menggunakan cara manual tanpa bantuan laptop atau perangkat lainnya. Ikhtisar di bawah ini menjelaskan manfaat dan langkah-langkah untuk mem-flash Android hanya menggunakan kartu SD: Kali ini membahas tips Android

Manfaat Flash Android

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah untuk mem-flash Android menggunakan kartu SD, kenali dulu manfaatnya. Instal ulang Android biasanya dilakukan untuk mengembalikan OS Android ke keadaan semula. Setelah auto-flashing, Android bisa kembali normal. Pengguna tidak ketinggalan di Android.

Keuntungan lainnya adalah media penyimpanan dapat diatur ulang. Jika suatu sistem rusak, ini secara tidak langsung mempengaruhi media penyimpanan juga. Nah, setelah flashing media penyimpanan android bisa bekerja maksimal. Ruang penyimpanan awalnya penuh juga turun drastis setelah flashing.

Cara Flash Android Lewat SD Card

Setelah pengguna mempelajari keuntungan dari flashing Android, mereka dapat mem-flash Android langsung dari kartu SD. Metode yang digunakan tidak menghapus data penting apa pun di Android. Untuk memperjelasnya baca beberapa langkah berikut:

1. Cadangkan data Anda

Cara flashing android via sd card yang pertama adalah dengan membackup data anda terlebih dahulu. Jika ada data penting di Android, silahkan pindahkan ke SD card terlebih dahulu. Mengapa dia beralih ke kartu SD? Karena saat flashing Android, data di SD card tidak hilang.

👉 TRENDING  Mengubah Desain Dapur Minimalis dengan Biaya yang Murah

2. Masuk ke Recovery Mode

Selanjutnya, masuk ke mode pemulihan. Matikan ponsel Anda terlebih dahulu lalu masuk ke halaman recovery mode. Kode pemulihan untuk setiap android berbeda tergantung pada jenisnya. Biasanya, ini dilakukan dengan menggunakan tombol volume atas dan daya pada ponsel. Namun pertama-tama, pastikan baterai ponsel Anda penuh agar proses flashing berjalan dengan lancar.

3. Lakukan reset pabrik

Selanjutnya, lakukan reset pabrik. Setelah muncul beberapa pilihan, pilih Clear data. Layar sentuh akan berhenti bekerja pada titik ini, jadi gunakan tombol volume untuk memilih opsi. Reset pabrik dapat menghapus Android dan mengembalikannya ke keadaan semula.

4. Install ROM

Selanjutnya instal ROM. Data di Android aman karena sudah dipindahkan ke kartu SD. Instal file zip pada kartu SD dan gunakan tombol volume untuk menggulir. Kemudian konfirmasi untuk melanjutkan proses reset dengan mengklik tulisan “Yes” dengan tombol power.

5. Tunggu Proses Reset Selesai

Terakhir, tunggu proses reset selesai. Ini biasanya memakan waktu sekitar 15 menit. Setelah beberapa opsi disajikan, pilih “reboot system now” dengan mengklik tombol power di Android. Tunggu hingga proses flash Android selesai. Kemudian status Android akan diatur ulang ke pengaturan pabrik secara otomatis.

Ini adalah langkah-langkah untuk mem-flash Android melalui kartu SD tanpa ribet. Ternyata Android Flash tidak hanya memiliki kelebihan, tetapi juga beberapa kelemahan. Misalnya, ponsel mengalami kematian total saat berkedip. Hal ini terjadi karena ketidaksesuaian dengan proses flash, sehingga Android hanya di-flash saat dalam keadaan kritis.