Tips Dasar Belajar Investasi bagi Pemula Mulai Dari Nol
Image Source: pixabay.com

Tips Dasar Belajar Investasi bagi Pemula Mulai Dari Nol

Menginvestasikan uang bisa menjadi cara yang bagus untuk mengamankan masa depan finansial bagi pemula. Dengan keputusan investasi yang tepat, Anda pasti memiliki uang yang tersedia untuk keadaan darurat, untuk pendidikan anak-anak Anda dan ketika Anda pensiun.

Namun, ada kata kunci di kalimat sebelumnya, “benar”. Jika Anda membuat keputusan investasi yang salah, Anda bisa berakhir di tempat Anda memulai, atau lebih buruk lagi, gagal.

Kebanyakan orang yang berinvestasi dengan bijak dengan membuat keputusan yang tepat dengan uang mereka mengikuti model investasi dasar yang sama, meskipun mereka mungkin menyebutnya dengan nama yang berbeda.

Mungkin Anda adalah tipe orang sinis yang percaya bahwa aturan dasar di bidang yang tampak begitu rumit mungkin tidak sesederhana kelihatannya. Benar. Namun, aturan ini telah membuktikan dirinya.

Pertama, pastikan bahwa uang yang ingin Anda investasikan adalah untuk tujuan itu. Seperti semua bentuk perjudian, tidak ada untung dan rugi dalam berinvestasi. Jangan bertaruh uang yang Anda tidak mampu kehilangan jika pasar jatuh.

Satu aturan yang tampaknya tidak diterapkan orang di area mana pun dalam kehidupan mereka, termasuk dunia investasi, adalah untuk tidak bergantung pada pemahaman mereka sendiri.

Sebagian besar waktu, ini adalah akibat dari orang-orang yang menolak untuk memercayai orang lain dengan uang mereka, percaya bahwa dengan sedikit pemahaman mereka dapat membuat pasar bekerja sendiri. Alasan ini pada dasarnya salah.

Pertama, kebanyakan orang tidak akan dapat menguraikan grafik kompleks, diagram lingkaran, dan statistik yang digunakan dunia investasi untuk menghubungkan informasi. Untuk memahami apa arti angka, Anda perlu memiliki pendidikan dasar.

Setelah mendapatkan beberapa pengalaman di pasar, mungkin ada saatnya Anda dapat membuat keputusan yang tepat sendiri, tetapi tahap awal bukanlah waktu untuk mencoba. Periksa latar belakang penasihat pilihan Anda karena ada banyak broker di luar sana yang mencari bulu domba cepat.

👉 TRENDING  5 Strategi Investasi harus dilakukan ketika Uang Terbatas

Pialang terbaik memiliki pengalaman bertahun-tahun, beragam latar belakang investasi, dan kemungkinan akan membebani Anda jauh lebih sedikit daripada yang Anda kira.

Pikirkan jangka panjang. Kecuali Anda menginvestasikan jutaan dolar pada awalnya, investasi Anda akan membutuhkan waktu untuk matang dan menghasilkan pengembalian yang besar.

Investasi terbaik bertahan dalam ujian waktu, jadi yang terbaik adalah menginvestasikan uang Anda dalam opsi jangka panjang. Rinciannya jelas: Yang terbaik adalah melakukannya tanpa uang ini dalam bentuk pembayaran tunai, setidaknya untuk beberapa tahun.

Diversifikasi kerap dipandang sepele di dunia investasi. Portofolio yang bagus akan meliputi kas dan setara kas (GIC, anuitas tetap), investasi pertumbuhan (saham), dan investasi pertumbuhan dan penghasilan seperti reksa dana.

Diversifikasi memastikan bahwa jika bagian dari pasar runtuh, Anda tidak memiliki semua telur Anda dalam satu keranjang. Ingatlah bahwa diversifikasi berarti tidak hanya berinvestasi di area yang berbeda, tetapi juga memastikan bahwa tidak ada area yang memiliki bagian dana Anda yang tidak proporsional.

Demikian pembahasan Tips Dasar Belajar Investasi bagi Pemula. semoga bermanfaat