dorce gamalama meninggal
Image Source: cnnindonesia.com

Dorce Gamalama Meninggal Hari Ini, Selamat Jalan Bunda Dorce

Kabar duka datang dari artis Dorce Gamalama. Dorce meninggal pada Rabu (16/2/2022) di RSPP Simprung akibat infeksi COVID-19.

Pesan ini dibagikan oleh Hetty Soendjaya sebagai sahabat mendiang Dorce Gamalama. Menurut ibu Hetty, Dorce terinfeksi COVID-19 dan dirawat di rumah sakit selama hampir 3 minggu.

Sebelum terungkap terinfeksi COVID-19, artis berusia 58 tahun itu sudah mengetahui penyakit penyerta, yakni diabetes dan batu ginjal. Penyakit tersebut bahkan memaksanya untuk menggunakan kursi roda untuk aktivitas sehari-harinya.

Kabar duka datang dari dunia hiburan tanah air. Dorce Gamalama meninggal pada 16 Februari 2022 sekitar pukul 07:30 WIB. Kabar ini dibenarkan oleh mendiang sahabatnya Hetty Sundjaya. Bagaimana ibu Dorce meninggal?

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, kesehatan presenter senior Dorce Gamalama memburuk.

Dia tampak lebih kurus dari biasanya dalam beberapa wawancara.Cara dia berbicara tidak sejelas beberapa tahun yang lalu ketika dia memimpin acara tersebut.

Bahkan, dia harus keluar masuk rumah sakit. Alasan untuk ini adalah penyakit Alzheimer yang dideritanya.

Dorce diketahui mengidap demensia Alzheimer ini saat pulih dari diabetesnya, yang telah dideritanya selama beberapa waktu. Karena proses pemulihan yang lama, ingatan Dorce terkadang datang dan pergi.

Selain prestasinya di dunia hiburan tanah air, nama Dorce Gamalama juga lekat dengan citra transgendernya.

Dia telah mengkonfirmasi bahwa dia dilahirkan sebagai laki-laki. Pernyataan tersebut diungkapkan melalui buku yang berjudul Aku Perempuan: Jalan Berliku Seorang Dorce Gamalama.

Dalam buku tersebut, Dorce menceritakan masa lalu kelamnya yang penuh perjuangan secara detail. Buku ini diterbitkan pada Agustus 2005.

Lahir pada 21 Juli 1963, artis tersebut merupakan anak dari Dalifah, seorang saudagar beras berdarah Minang, dan Achmad, seorang seniman dan prajurit berdarah Arab-Binja.

👉 TRENDING  5 Cara Tautkan Akun belajar.id ke SIMPKB

Ia lahir dari seorang anak bernama Dedi Yuliardi seperti dikutip Merdeka.com.

Pria kelahiran Solok, Sumatera Barat ini resmi diakui sebagai perempuan pada 1986 setelah menjalani operasi kelamin dan mengganti berkas identitas diri.

Setelah menjadi seorang wanita, ia juga melebarkan sayapnya dalam bisnis pertunjukan. Nama Dorce semakin populer setelah ia sukses menjadi presenter di sebuah stasiun televisi swasta.

Selama acara tersebut, julukan “Bunda Dorce” digunakan oleh penggemar dan masyarakat luas.

Terlepas dari panggilannya, mimpi besarnya untuk mengubah identitas untuk memiliki anak (meski anak angkat adopsi) telah menjadi kenyataan.

Sebelum kematiannya, Dorce telah mempersiapkan dirinya untuk menghadap Tuhan, dan dia telah berbicara banyak tentang keinginan yang harus dipenuhi oleh orang-orang terdekatnya.

Hal itu ia ungkapkan melalui serangkaian wawancara di saluran televisi dan YouTube dengan publik figur. Ia merasa perlu membicarakan surat wasiat ketika ia dinyatakan meninggal karena masalah identitasnya.

Dorce meninggalkan surat wasiat yang dia ingin dimandikan seperti seorang wanita setelah kematiannya. Alasannya karena ia menjalani operasi pergantian kelamin.

Namun karena terinfeksi COVID-19, pemakamannya ditangani oleh pihak rumah sakit sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.