cara menghitung berat badan

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Setiap orang memiliki ukuran tubuh yang berbeda sehingga unik. Meski demikian, berat badan ideal tentu menjadi dambaan sebagian besar orang. Ini bukan tentang tidak mencintai bentuk tubuh Anda, berat badan ideal lebih terkait dengan kondisi tubuh yang sehat. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Begitu juga jika bobotnya terlalu rendah. Karena, itu tidak baik untuk kesehatan Anda. Dengan kata lain, berat badan ideal bukanlah masalah kecantikan yang superfisial. Di sisi lain, berat badan ideal merupakan ekspresi dari upaya menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, orang dengan tubuh yang sehat dapat beraktivitas dan bekerja lebih maksimal.

Berat Badan Ideal Adalah?

Berat badan ideal adalah berat badan yang dianggap paling sehat bagi seseorang dalam kaitannya dengan tinggi badannya. Dengan kata lain, bobot ini memberi Anda harapan hidup tertinggi.

Meskipun tinggi badan Anda adalah patokan utama, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah faktor lain untuk menilai apakah berat badan Anda sehat. Faktor-faktor ini termasuk jenis kelamin, usia, bentuk tubuh dan massa otot.

Memiliki dan menghitung berat badan ideal tentu penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ini juga merupakan cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit.

Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes mellitus. Pada saat yang sama, kekurangan berat badan dapat menyebabkan anemia, osteoporosis, dan pertumbuhan yang berkurang.

Berat badan ideal tidak ditunjukkan dengan seberapa ramping tubuh Anda, karena nilainya bervariasi dari orang ke orang. Misalnya, seseorang yang tingginya 150 cm akan memiliki berat badan ideal yang berbeda dengan orang yang tingginya 170 cm.

👉 TRENDING  Kapan Bayi Mulai Berlatih Berjalan, Bagaimana Cara Mengajarkannya?

Cara Menghitung Berat Menggunakan Rumus Broca

Cara paling mudah yaitu dengan memakai rumus Broca. Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca membedakan penghitungan antara pria dan wanita. Ini karena wanita dan pria mempunyai konstruksi badan yang berbeda.

Meski pria dan wanita memiliki metode penghitungan berat badan ideal yang berbeda, rumus ini tidak rumit. Berikut rumusnya:

  • Misalnya, jika tinggi badan Anda 170 cm untuk seorang pria, perhitungannya adalah (170-100) – [(170-100) x 10%], 70-7 = 63. Dapat dilihat berat badan ideal Anda adalah 63 kg.
  • Sebaliknya, jika Anda seorang wanita dengan tinggi badan 158, Anda dapat menghitungnya sebagai berikut: (158-100) – [(158-100) x 15%), 58-8,7 = 49,3. Jadi berat badannya adalah 49,3 kilogram.

Menghitung BMI atau IMT

Body Mass Index (BMI) atau  indeks massa tubuh (IMT) merupakan cara untuk menghitung berat badan ideal Anda berdasarkan tinggi dan berat badan Anda. Berbeda dengan metode penghitungan sebelumnya yang membedakan metode penghitungan laki-laki dan perempuan, BMI dibedakan berdasarkan usia.

Kalkulator BMI  ini dapat digunakan oleh orang-orang yang berusia 20 tahun ke atas. Ada metode perhitungan yang berbeda untuk orang di bawah usia 20 tahun.

Kalkulator BMI digunakan untuk mengetahui apakah seseorang termasuk dalam kelas berat badan ideal atau tidak. Namun demikian, BMI dapat menimbulkan kesalahpahaman di kalangan atlet atau olahragawan.

Berat badan juga berasal dari massa otot, sehingga atlet dapat dinyatakan kelebihan berat badan padahal sebenarnya tidak. Sebelum memakai kalkulator BMI, Anda sebaiknya mengetahui beberapa informasi tentang perhitungan ini:

Cara menghitungnya:

  • Berat badan ideal adalah = (kilogram) berat badan :  (meter) tinggi badan
  • Misalnya, jika Anda memiliki berat 47 kilogram dan tinggi 1,63 meter, nilai BMI Anda adalah 47 / (1,63) = 17,8. Itu berarti berat badan Anda di bawah rata-rata.
👉 TRENDING  12 Pewarna Rambut yang Bagus dan Halal untuk Shalat 2022

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menghitung berat badan ideal Anda? Anda bisa langsung menghubungi dokter yang profesional dan berpengalaman. Anda juga dapat menghitung BMI Anda.