pantai wisata lombok

30 Destinasi Wisata Lombok dari Timur Barat dan Utara Recommended

Selama di NTB Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata di Lombok Barat. Beberapa destinasi wisata tersebut sayang jika dilewatkan begitu saja.

Lombok Barat terkenal dengan berbagai objek wisata pantainya. Namun, para pecinta gunung juga bisa mengunjungi tempat ini karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Rinjani.

10 Tempat Wisata Recommended di Lombok Barat

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi dalam perjalanan wisata Lombok Barat Anda. Dari pantai ini, pengunjung dapat melihat keindahan dan nilai pegunungan Pulau Besar Bali karena letaknya yang persis di seberang Selat Lombok.

2. Island Hopping di Gili Nanggu

Anda dapat menjelajahi Gili Nanggu, Gili Kedis dan juga Gili Sudak, sebuah permata tersembunyi di Lombok. Pulau-pulau rahasia kecil ini menawarkan ketenangan dan kehidupan laut yang masih asli.

Banyak wisatawan yang tertarik untuk snorkeling bahkan berkemah di bawah bintang dan pantai di Gili Kedis.

3. Hutan Lindung Sesaot

Destinasi ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika Anda mendambakan pepohonan yang menjulang tinggi dengan mata air dari Gunung Rinjani. Di dalamnya terdapat wisata sungai Aiq Nyet dengan air yang sangat jernih dan konon air ini dapat menyembuhkan penyakit kulit

4. Taman Narmada

Taman ini merupakan replika Gunung Rinjani yang konon pernah digunakan oleh raja untuk ritual dan juga sebagai tempat peristirahatan raja. Konon seiring bertambahnya usia raja, raja tidak bisa lagi melakukan ritualnya di Gunung Rinjani, sehingga ritual dilakukan di taman ini dengan nuansa Gunung Rinjani.

5. Surfing di Bangko-Bangko

Bagi Anda yang suka berselancar, tempat ini sangat cocok karena ombaknya cukup besar. Selain berselancar, Anda juga bisa menikmati ombak dari jauh sambil menyaksikan peselancar asing berlomba melawan ombak.

6. Diving dengan Hiu di Teluk Belongas

Selamat datang di situs menyelam paling ekstrim di Indonesia! Di tempat ini Anda, para penyelam profesional, dapat menyelam bersama kawanan hiu martil, ular laut, dan ikan liar lainnya. Tertarik?

7. Sensasi Private Island di Mekaki Beach

Pantai berbentuk bulan sabit ini memiliki perairan yang tenang karena dikelilingi oleh perbukitan di setiap sisinya. Hal ini memudahkan para wisatawan untuk snorkeling, apalagi wisatawan bisa menjelajahi pantai yang sepi ini, sehingga seolah-olah memiliki pantai pribadi

8. Fenomena Air Terjun Asin dan Pantai Nambung

Ini dia tempat wisata yang kamu tunggu-tunggu! Ada banyak tujuan untuk riam air tawar, tetapi tempat ini menawarkan riam air asin. Mengapa? Hal ini terjadi karena gelombang pecah di bebatuan besar.

9. Laguna Pedande

Laguna yang indah ini masih belum terjamah namun pemandangan yang ditawarkan sangat memanjakan mata dan cocok untuk anda yang membutuhkan penyembuhan diri.

10. Sunset Chase di Bukit Malimbu

Bukit ini adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset di pulau Lombok setelah seharian berpetualang. Disarankan untuk datang sekitar pukul 05:00 sore untuk menikmati sunset terbaik.

Tempat Wisata  di Lombok Timur

Lombok masih menjadi surga pecinta alam. Pulau ini memiliki banyak tempat indah untuk dipilih mulai dari pulau kecil, pantai yang indah, air terjun yang megah, puncak gunung dan kawah. Semuanya ada di Lombok, tinggal pilih mau menikmati tempat wisata dan keindahan yang ada di Lombok Timur sekalipun.

Kabupaten Lombok Timur merangkum semua keindahan Lombok. Di bagian timur pulau ini dimungkinkan untuk menemukan semua jenis wisata alam. Beragamnya variasi wisata di sini merupakan bukti nyata bahwa Lombok Timur memiliki potensi wisata yang luar biasa yang belum tergarap secara maksimal. Berikut adalah beberapa tempat wisata unggulan Lombok Timur.

1. Keindahan melihat ketinggian Sembalun

Sebenarnya tidak adil menulis Sembalun dalam satu bagian karena tempat ini sangat spektakuler. Sembalun kini menjadi salah satu pusat wisata Lombok. Salah satu kecamatan di Lombok Timur yang paling terkenal adalah perbukitannya yang menyuguhkan pemandangan luar biasa. Perbukitan Sembalun dan Pergasingan menawarkan pemandangan lembah berwarna-warni dan sawah dengan latar belakang perbukitan yang indah.

👉 TRENDING  Dampak Perang Rusia Ukraina, IHSG Langsung Anjlok 2,3%!

Sembalun juga merupakan salah satu titik pendakian menuju puncak Gunung Rinjani dan kawahnya, Danau Segara Anak. Hampir semua sisi tempat ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Tidak hanya alam, Sembalun juga kaya akan budaya. Di sini Anda bisa belajar tentang budaya Sembalun kuno di Desa Beleq yang masih memiliki rumah adat peninggalan berabad-abad yang lalu.

2. Eksotisme di Tanjung Bloam yang alami

Lombok Timur memiliki banyak pantai yang indah, terutama di bagian tenggara. Meski banyak jalan yang dibangun belakangan ini, akses ke beberapa pantai di kawasan ini masih sangat sulit. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Lombok Timur adalah Tanjung Bloam (kadang disebut Tanjung Beloam). Pantai eksotis ini dapat dicapai dengan kendaraan roda dua atau empat. Meski jalan di depan tidak mudah, perjalanan menuju pantai yang indah ini akan terbayar saat Anda tiba.

Ada dua jenis pantai di sini. Yang pertama adalah pantai pasir putih. Namun, yang paling populer adalah pantai dengan gugusan tebing dan bebatuan yang menjulang tinggi di atas laut. Seolah-olah ada jembatan alam yang menjadi jalur Anda di tengah laut. Di ujung batu ada bukit berbentuk kerucut yang ditumbuhi tanaman hijau. Tempat ini pastinya sangat instagramable. Tapi kamu harus hati-hati ya, ombak di sini bisa sangat ganas!

3. Air Terjun Mangku Sakti

Kaki Gunung Rinjani merupakan surga bagi pecinta kesejukan air terjun. Ada begitu banyak air terjun indah di sekitar gunung ini yang tersebar di empat kabupaten di pulau Lombok. Air Terjun Mangku Sakti terletak di Lombok Timur. Namun, air terjun ini merupakan aliran air dari sebuah danau di Kawah Rinjani, Danau Segara Anak.

Mangku Sakti didominasi oleh banyak bebatuan dengan aliran air terjun yang kuat. Tempat ini bisa terlihat bagus baik dari dekat maupun dari jauh. Kolam yang ada di bawah air terjun memiliki warna hijau toska. Airnya sejuk, cocok untuk berbasah-basahan dan menghilangkan penat!

Air terjun ini dikelola oleh pemerintah kota setempat. Walaupun akses menuju air terjun ini relatif sulit karena harus melewati hutan, Anda bisa menggunakan jasa ojek atau pemandu yang berpengalaman sehingga tidak perlu khawatir tersesat.

4. Gili Kondo, pulau pasir

Gili Kondo merupakan bagian dari gugusan pulau-pulau kecil di Selat Alas. Itu berarti pulau-pulau itu terletak di antara Lombok dan Sumbawa. Seperti kebanyakan pulau kecil di sekitar Lombok, Gili Kondo sangat eksotis. Pulau ini seluruhnya terbuat dari pasir putih yang bisa tenggelam saat air pasang. Gili Kondo yang imut ini cocok untuk kamu yang menyukai fotografi drone. Sebagai catatan, ada dua Gili Kondo; Gili Kondo Besar dan Gili Kondo Kecil.

Masih banyak bendungan lain di sekitar Gili Kondo yang juga sangat eksotis. Ada Gili Pasir, Gili Pasaran dan juga Gili Lampu. Anda dapat menjelajahi semua pulau di atas perahu jukung. Aktivitas menyenangkan yang cocok di sini adalah snorkeling dan scuba diving. Keindahan alam bawah lautnya sangat mempesona karena kondisinya yang masih perawan dan belum banyak dijamah oleh tangan-tangan jahat. Anda bisa menyewa perahu di Pelabuhan Kayangan.

5. Tanjung Ringgit

Terletak di sudut tenggara Lombok, Tanjung Ringgit adalah pantai yang benar-benar unik. Di sini Anda akan menemukan berbagai keindahan yang berbeda. Yang pertama adalah tebing tinggi yang berbenturan langsung dengan birunya laut. Panorama di sini membuat Anda merasa kecil di tengah pemandangan yang begitu indah. Berhati-hatilah untuk tidak pergi terlalu jauh karena tebing ini sangat tinggi!

Lalu ada juga pantai berpasir putih yang cocok untuk bersantai. Seperti pantai berpasir putih lainnya, Anda bisa bermain air sepuasnya di sini. Ada juga gua besar tempat kelelawar hidup. Ketiga tempat ini sebenarnya agak terpisah satu sama lain namun masih dalam satu tempat yaitu Tanjung Ringgit.

6. Pohon Pringgabaya purba untuk Bersantai

Deretan pohon yang sangat tinggi berjajar di timur laut Lombok. Menurut warga sekitar, jenis pohon ini tidak ditemukan di tempat lain di Indonesia. Jenis pohon yang disebut Lian ini memiliki batang yang sangat besar dan mengesankan. Kehadirannya akan langsung menarik perhatian.

Pohon ini dikatakan berusia lebih dari 3,5 abad. Disini tempat yang sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Udaranya segar, negaranya relatif luas dengan berbagai paviliun untuk pengunjung. Jadi Anda juga bisa berfoto di bawah pohon, dengan latar belakang akar yang sangat lebar. Benar-benar unik, Anda tidak akan menemukan keindahan seperti ini di tempat lain.

👉 TRENDING  Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Mining?

7. Jelajahi Tetebatu, Ubud Lombok

Tetebatu adalah nama sebuah desa di sisi tenggara kaki gunung Rinjani. Secara administratif, desa ini memiliki bentuk yang memanjang dengan lingkungan alam yang luar biasa. Pesona Tetebatu tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga kekayaan budayanya yang masih relatif murni dan belum tercampur dengan modernitas kota. Tradisi masyarakat Sasak yang sebenarnya bisa Anda lihat di salah satu tempat wisata di Lombok Timur ini.

Tetebatu juga dikenal sebagai Lombok Ubud terutama karena juga memiliki sawah bertingkat yang indah. Ragam wisata alam di sini sangat beragam, meski belum banyak kemajuan yang dicapai. Anda dapat menjelajahi hutan untuk melihat spesies monyet hitam yang sulit ditangkap. Ada juga air terjun tersembunyi di tengah hutan lebat dan sungai yang tenang. Lalu ada Lembah Ulem Ulem, sebuah danau di lokasi yang terlindung.

8. Pasir pink muda di Pantai Tangsi

Tidak banyak pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink atau pink, namun Indonesia memiliki beberapa salah satunya di Lombok. Pantai Tangsi di Jerowaru memiliki warna pink alami yang indah. Warna ini tercipta dengan memadukan pasir putih dengan sisik karang merah yang sudah mati. Di sini Anda bisa melihat gradasi warna yang tiada duanya. Dari pasir putih dan merah muda hingga birunya air laut dan biru tua dasar laut.

Pantai ini masih sangat alami, juga karena letaknya yang terpencil. Medan yang relatif sulit membuat banyak wisatawan datang ke sini melalui jalur laut, dengan menyewa perahu. Di salah satu tempat wisata di Lombok Timur ini belum ada fasilitas yang memenuhi kebutuhan wisatawan, jadi pastikan untuk membawa perbekalan saat datang ke sini. Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan tepat di pantai, tetapi Anda juga dapat mendaki bukit-bukit di sekitarnya untuk melihat lebih luas.

9. Menyeberangi sabana Gili Sunut

Juga di Sekaroh, Jerowaru Anda akan menemukan pulau yang benar-benar unik; Gili Sunut. Keunikan pertama dari bendungan ini adalah pendekatannya yang “fleksibel”. Saat air pasang, Gili Sunut benar-benar terpisah dari pulau Lombok. Namun saat air surut, Anda bisa berjalan kaki melintasi pasir putih Lombok menuju Sunut

Setibanya di Gili Sunut, hal pertama yang akan Anda temui adalah sabana yang menghadap ke pulau. Rerumputan tinggi dengan beberapa pohon akan membuat Anda merasa seperti berada di Afrika. Di salah satu sudut pulau yang paling terpencil terdapat pantai pasir putih yang indah. Jika Anda menyukai keindahan bawah laut, di sini Anda bisa snorkeling dan menikmati keindahan terumbu karang di salah satu destinasi wisata terpopuler di Lombok Timur ini.

10. Kawah mistis Rinjani dan Segara Anak

Mendaki Gunung Rinjani adalah salah satu kegiatan wisata paling populer di Lombok. Para pencari petualangan mendaki gunung ini karena berbagai alasan. Pertama, karena aksesnya cukup mudah, ada banyak titik awal untuk didaki di berbagai bagian kota. Dalam perjalanan naik, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Perkemahannya juga sangat istimewa.

Tentu saja, imbalan utama yang dicari pendaki adalah mencapai puncak gunung, turun ke kawah dan menikmati suasana damai di tepi Danau Segara Anak. Sebagai catatan, tempat ini dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat Hindu. Meski Rinjani masih merupakan gunung berapi aktif, aktivitas vulkaniknya terus dipantau untuk menjaga keselamatan pendaki.

Wisata  Eksotis di Lombok Utara

Liburan ke Lombok tidak menyenangkan tanpa menjelajahi destinasi wisata terindah. Setiap tempat memiliki ciri khas tersendiri untuk membuat liburan Anda semakin tak terlupakan. Inilah tempat-tempat wisata di Lombok Utara yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Lombok merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan panorama alam yang luar biasa. Itu terdiri dari beberapa lingkungan, masing-masing dengan pesona yang berbeda, dan Anda harus mengalami pesonanya. Tidak cukup untuk itu, meski hanya sebentar di Pulau Lombok. Berikut beberapa tempat wisata di Lombok Utara yang menarik untuk dikunjungi.

1. Masjid Tua Bayan Beleq

Kali ini saatnya menjelajah Lombok bagian utara yang juga memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Kuno Bayan Beleq yang menjadi tujuan wisata sejarah yang penting. Masjid tua ini merupakan peninggalan Islam yang masih bisa Anda temukan hingga saat ini. Padahal, masjid ini merupakan yang tertua di Lombok.

Dibangun pada abad ke-15, masjid ini masih memiliki suasana yang sangat tradisional. Anda tidak akan menemukan masjid modern di tempat ibadah ini. Karena hingga saat ini keaslian bangunannya terjaga sejak pertama kali. Oleh karena itu, Masjid Bayan Beleq kuno telah menjadi warisan budaya Lombok yang dijaga ketat hingga saat ini.

2. Desa Gumantar

Bisa dibilang destinasi ini merupakan destinasi wisata terbaru. Namanya masih terdengar asing bagi wisatawan. Bahkan, sejak 2010, banyak wisatawan yang singgah di desa adat ini. Namun pada kenyataannya, target tersebut baru dikeluarkan pada tahun 2014. Dan kini desa Gumantar telah menjadi desa wisata yang bisa anda kunjungi.

👉 TRENDING  Tips Penting Sebelum Membeli Laptop Untuk WFH

Padahal, Kampung Adat di Lombok Utara ini sudah sangat tua, yakni dari tahun 1257 saat Gunung Samalas meletus. Desa adat ini adalah rumah bagi setidaknya 28 keluarga yang telah tinggal di sana secara turun-temurun. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang tradisi dan budaya Lombok Utara. Selain itu, masyarakat desa Gumantar masih mempertahankan budaya dan tradisinya hingga saat ini.

3. Air Terjun Gangga

Setelah menjelajahi desa wisata dan juga wisata sejarah, kini saatnya menjelajahi wisata alam. Lombok Utara memiliki air terjun yang indah yang sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Gangga sangat cocok bagi Anda yang suka bermain air. Selain itu, air terjun ini juga sangat istimewa karena memiliki tiga tingkatan yang masing-masing memiliki keunikan.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tingkat kedua dan ketiga, Anda perlu melakukan perjalanan terlebih dahulu. Ini karena ada tebing dengan kemiringan sekitar 45 derajat di tingkat yang lebih tinggi. Selain menikmati pesonanya, Anda juga bisa melakukan berbagai hal di air terjun ini. Selain itu, airnya sangat bersih dan sangat menyegarkan.

4. Air Terjun Sendang Gile

Air terjun lain yang tak kalah menarik nantinya adalah air terjun Sendang Gile. Anda bisa menggunakan air terjun ini sebagai alternatif liburan di Lombok Utara. Masih di tempat yang sama dengan Taman Nasional Gunung Rinjani, Anda pasti akan menemukan alam yang masih alami.

Biasanya pengunjung air terjun ini kebanyakan adalah pendaki karena jalurnya dekat. Air yang mengalir dari ketinggian ini cukup luas, di sekitar tebing yang ditumbuhi tanaman hijau. Bebatuan besar tampak berserakan di sekitar aliran air terjun. Persepsi pesona yang disajikan kepada Anda akan membuat Anda takjub.

5. Air Terjun Tiu Kelep

Anda belum selesai menjelajahi keindahan air terjun Lombok Utara. Air Terjun Tiu Kelep bisa Anda jadikan destinasi selanjutnya dengan keindahan yang memukau. Nama Tiu berarti kolam atau air dalam bahasa setempat, sedangkan kelep berarti terbang. Nama ini mengacu pada ketinggiannya sekitar 45 meter, yang membuatnya terlihat seperti air yang terbang.

Untuk mencapai air terjun ini tidak sulit mengingat jalannya yang memadai. Situs ini masih berada di kaki Gunung Rinjani dan berada di kawasan yang sama dengan Air Terjun Sendang Gile. Airnya yang jernih dan alam sekitarnya yang indah membuat semua orang terpesona. Udara segar juga menjadi daya tarik tersendiri. Anda tidak akan menyesal mengunjungi pilar wisata alam ini.

6. Air Terjun Mangku Kodek

Destinasi yang akhir-akhir ini sukses diburu wisatawan adalah Air Terjun Mangku Kodek. Anda akan menemukan pemandangan yang berbeda saat mengunjungi tempat ini. Anda tidak akan menemukan air terjun setinggi beberapa puluh meter. Sebaliknya, hanya air yang mengalir di antara bebatuan kelabu.

Batuan ini benar-benar unik seperti ukirannya, meski semuanya terbentuk secara alami. Kehadiran bebatuan ini juga menjadikannya surga yang tersembunyi. Airnya begitu jernih, warnanya juga biru toska. Tempat ini sangat instagrammable sehingga banyak yang mencarinya. Bahkan, Anda dapat mengambil foto yang bagus saat berada di dalam air terjun ini.

7. Air Terjun Tiu Teja

Wisata di Lombok Timur tidak hanya terdiri dari pantai tetapi juga air terjun yang indah. Seperti air terjun Tiu Teja yang merupakan air terjun kembar yang bikin penasaran. Saat candi terkena sinar matahari, Anda akan melihat semburat pelangi di tengahnya. Ketinggiannya sekitar 50 meter dengan lingkungan yang masih sangat alami dan udaranya juga segar.

Kini saatnya menjelajah laut yang tak kalah luar biasa. Yang jelas anda akan puas dengan tempat wisata selama liburan di Lombok Utara. Pantai Malimbu masuk kawasan wisata yang masih asri. Karena kondisinya masih sangat bersih dan sedikit diketahui. Anda bisa menikmati pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

8. Pantai Malimbu

Tidak hanya itu, di Pantai Malimbu Anda akan menemukan keunikannya. Pantai ini memiliki karang unik yang dikenal dengan nama Karang Bolong Malimbu. Dimana terumbu karang ini sering menjadi tujuan untuk foto kekinian. Selain itu, Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas seperti berkano atau berperahu untuk berkeliling.

9. Kebun Kopi Senaru

Objek wisata yang tak terkecuali adalah Kebun Kopi Senaru. Lokasinya berada di kaki Gunung Rinjani yang menawarkan pesona alam hijau yang menenangkan. Dari atas Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile. Lokasi ini sering menjadi tujuan untuk mencari peluang foto kekinian.