cara merekam layar laptop
Image Source: pixabay.com

Cara Merekam Layar Laptop Paling Mudah

Merekam layar laptop atau perekam layar sangatlah mudah. Pengguna Windows dapat menggunakan fungsi tersebut untuk menyimpan gerakan di layar laptop berupa video dengan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Seperti halnya metode screenshot, merekam layar laptop atau screen recorder dapat digunakan untuk merekam aktivitas di layar.

Aktivitas perekam layar disimpan untuk dijadikan dokumentasi agar tidak lupa momen.
Nah, pengguna laptop Windows 10 dan Windows 7 bisa dengan mudah dan cepat merekam layar laptop Windows. Ada beberapa cara merekam layar laptop Windows 10 dan 7 tanpa aplikasi ekstensi Chrome.

Cara Screen Recording Laptop Windows 7

Windows 7 masih dibutuhkan sampai sekarang. Sejak dirilis pada 22 Oktober 2009, sistem operasi ini masih banyak digunakan. Hampir 12 tahun beredar, cukup banyak pengguna yang penasaran dengan perekam layar laptop Windows 7.

Pada umumnya metode ini diperlukan untuk berbagai kegiatan, seperti merekam webinar, rapat, streaming langsung, dan membuat tutorial. Kemudian mereka akan membagikannya ke komunitas berbasis video dan media sosial, salah satunya Youtube.

Sayangnya, layanan ini tidak tersedia di sistem operasi Windows 7. Layanan ini hanya dapat diakses di sistem operasi terbaru saat diluncurkan dari halaman bantuan di situs web resmi Microsoft. Layanan perekaman layar baru hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows 10. Aplikasi Perekam Layar Laptop Windows 7

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Screen Recorder tidak bisa digunakan di Windows 7. Untuk melakukan ini, Anda memerlukan bantuan aplikasi. Namun, tidak semua aplikasi kompatibel atau dapat digunakan dengan sistem operasi ini.

Satu-satunya cara adalah menggunakan Bandicam. Cara merekam layar laptop 32 bit yang menjalankan Windows 7 bisa dilakukan melalui Bandicam. Bahkan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk Windows Vista yang sudah beredar di pasaran sejak November 2006 atau sudah berusia 15 tahun.

Sebelumnya, aplikasi Bandicam harus diinstal. Untuk mengunduh aplikasi, pengguna dapat membuka halaman resmi Bandicam. Setelah mengunduh penginstal, pengguna juga harus menginstal aplikasi di perangkat pengguna. Selain itu, Bandicam sudah bisa digunakan. Melansir situs resmi Bandicam, berikut cara merekam layar di Windows 7:

  • Mari kita mulai.
  • Jalankan Bandicam dan pilih mode “Screen Capture Mode”. Lihat di pojok kiri atas, ikon layar PC. Tersedia beberapa mode perekaman, yaitu merekam area persegi tertentu, layar penuh, dan di sekitar mouse.
  • Klik tombol ● REC untuk mulai merekam. Atau Anda juga dapat menekan pintasan keyboard (F12) untuk memulai/menghentikan perekaman.
  • Melakukan. Klik ikon folder untuk membuka direktori tempat rekaman Anda disimpan.
  • Hanya itu, mudah bukan?
👉 TRENDING  10 Smartphone Terbaik dan Terbaru Tahun Ini 2022

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10

Anda kemungkinan ingin merekam monitor komputer Anda karena beragam alasan. Bisa untuk merekam tutorial, presentasi atau pelajaran. Perekaman layar saat ini menarik banyak perhatian dan menjadi fitur populer dalam bisnis dan pendidikan. Perekaman layar adalah cara untuk berbagi layar atau merekam video tanpa menggunakan alat perekam tambahan. Dengan demikian, orang yang merekam layar dapat dengan mudah dan cepat memberikan informasi kepada orang lain.

Cara Merekam Screen Recording  Tanpa Aplikasi

Laptop dengan sistem Windows 10 memiliki program bawaan yang disebut Game Bar yang dapat merekam layar tanpa menginstal aplikasi baru. Game Bar awalnya dirancang untuk merekam game yang Anda mainkan, tetapi Game Bar juga dapat merekam layar laptop dan secara otomatis akan menyimpan file video MP4.

Sebelum merekam layar Anda, pastikan Game bar aktif dengan masuk ke:

  • Masuk ke menu Windows.
  • Klik Settings.
  • Klik menu Gaming.
  • Pilih Game Bar.
  • Klik On.
  • Opsi “Record game clips, screenshots, and broadcast with Game bar”.

Jika sudah aktif, ikuti langkah-langkah merekam layar laptop Windows 10 di bawah ini.

  • Tekan tombol Win+G untuk membuka Game Bar. Kemudian untuk screen recording, tekan tombol Win+Alt+R atau klik Start Recording.
  • Untuk berhenti merekam, klik tombol Stop Recording di kanan atas. Setelah ini selesai, pemberitahuan akan muncul.
  • Klik notifikasi dan File Explorer akan otomatis membuka lokasi perekaman.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 dengan Aplikasi

Berikut adalah beberapa software berguna yang dapat membantu Anda merekam layar komputer atau laptop Anda lengkap dengan suara.

Ada banyak waktu dalam hidup kita ketika kita perlu merekam layar komputer. Misalnya, menjelaskan proyek yang kompleks kepada rekan kerja, menginstruksikan karyawan baru dalam penggunaan alat atau demo produk yang sesuai. Selama masa pandemi Covid-19 ini, Anda mungkin perlu merekam video untuk pembelajaran online, terutama jika Anda seorang guru. Skenario ini cukup untuk membuktikan betapa pentingnya mengetahui cara mengambil tangkapan layar. Tapi bagaimana cara merekam layar dengan mudah?

Untuk menyelamatkan Anda dari kesulitan mencari Google untuk perangkat lunak yang tepat dan mempelajari diskusi panjang di komunitas online, kami telah menemukan perekam layar yang kuat untuk referensi Anda. Saat ini kami memiliki daftar Perekam Layar HitPaw, OBS, Bandicam dan WonderFox HD Video Converter Factory Pro. Mereka adalah alat perekaman layar multifungsi yang tidak hanya dapat membantu Anda merekam layar Anda dalam beberapa klik tetapi juga memungkinkan Anda untuk mencapai beberapa tujuan seperti yang akan kita bahas secara rinci di bawah ini.

👉 TRENDING  Pengisi Daya iPhone dan AirPods Wireless dari Mophie 4-in-1

Aplikasi Perekam Layar HitPaw

HitPaw Screen Recorder adalah perekam layar (kuat) yang mudah digunakan tetapi kuat di komputer. HitPaw Screen Recorder dapat digunakan pada OS Windows dan Mac. Video apa pun yang Anda butuhkan dapat direkan menggunakan aplikasi ini.

Fitur:

  • Tersedia untuk merekam layar, game, merekam webcam, merekam iPhone/iPad, menggunakan iPhone/iPad sebagai kamera, merekam layar dan diri Anda sendiri dengan kamera atau iPhone/iPad secara bersamaan.
  • Ini memiliki fitur kunci kroma yang memungkinkan Anda untuk menghapus latar belakang dari kamera atau iPhone/iPad.
  • Saat Anda tidak punya waktu untuk duduk di depan komputer, Anda dapat menggunakan fitur Jadwal Perekaman dan Perekaman Berwaktu untuk merekam video langsung atau kelas dan menontonnya secara offline.
  • Saat merekam, menggambar, merekam keyboard, merekam mouse, dan tangkapan layar adalah fitur luar biasa untuk membuat rekaman video Anda lebih menarik.

Langkah-langkah rinci di sini.

  • Langkah 1. Kunjungi situs resmi HitPaw Screen Recorder melalui https://www.hitpaw.com/screen-recorder.html. Pilih tombol “COBA GRATIS” untuk download perangkat lunaknya.
  • Langkah 2. Klik dua kali ikon desktop untuk meluncurkan perangkat lunak, pilih “Rekam Layar” dan pilih area yang ingin Anda rekam layarnya. Catatan: Jika Anda ingin menangkap layar dan kamera secara bersamaan, Anda dapat mengklik fungsi “Picture in Picture” dan memilih mode yang Anda suka. Jika Anda tidak memiliki kamera di komputer atau ingin menggunakan iPhone/iPad, Anda dapat memilih “iPhone/iPad” dari opsi drop-down. Kemudian ikuti wizard pop-up untuk merekam iPhone/iPad Anda.
  • Langkah 3. Klik tombol merah untuk mulai merekam.
  • Langkah 4. Setelah semuanya selesai, klik tombol merah lagi untuk berhenti merekam. Sekarang Anda dapat memangkas, menyesuaikan, memangkas, mengubah kecepatan, dan memutar video. Jika Anda senang dengan itu, klik “Ekspor” untuk menyimpannya.

Aplikasi AnyRec Screen Recorderc

  • Langkah 1 Kunjungi situs web AnyRec Screen Recorder. Klik Unduh Gratis dan selesaikan instalasi.
  • Langkah 2 Jalankan Perekam Layar PC. Pilih Perekam Video untuk merekam video dari layar komputer. Atau Anda dapat memilih mode lain sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Langkah 3 Atur area perekaman layar dengan layar penuh (full screen), area tetap (fixed area) atau area/jendela yang dapat Anda pilih. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan webcam, suara sistem, dan mikrofon sesuai kebutuhan Anda.
  • Langkah 4: Buka jendela “Pengaturan” untuk mengubah pengaturan keluaran dan detail lainnya sesuai kebutuhan. Lalu klik REC memulai rekam di komputer Anda.
  • Langkah 5 Kalian bisa menambah, garis, teks, panah, dan bentuk-bentuk lainnya saat memakai perekam layar desktop. Selesai merekam, Anda akan menemukan diri Anda di jendela pratinjau.
  • Kalian juga bisa memotong klip video yang tidak diinginkan. Terakhir, klik Simpan untuk mengekspor file rekaman Anda.
👉 TRENDING  10 HP Gaming Terbaik Spesifikasi Dewa, Libas Game Rata Kanan

Merekam layar komputer dengan OBS

OBS Studio (Open Broadcaster Software) adalah perangkat lunak perekaman video dan streaming langsung sumber terbuka gratis. Banyak Youtuber yang menggunakan aplikasi ini untuk melakukan siaran langsung atau streaming. Anda pasti dapat menggunakannya bahkan jika Anda mencobanya untuk pertama kali.

Fitur:

  • Mixer audio intuitif dengan filter khusus sumber seperti gerbang kebisingan, pengurangan kebisingan, dan penguatan.
  • Ambil kendali penuh dengan dukungan plugin VST.
  • Opsi konfigurasi yang kuat dan mudah digunakan.
  • Panel pengaturan yang disederhanakan memberi Anda akses ke berbagai opsi konfigurasi untuk mengubah setiap aspek siaran atau rekaman Anda.
  • Dengan antarmuka modular “Dock” Anda dapat mengatur tata letak persis seperti yang Anda inginkan. Anda bahkan dapat mengeluarkan setiap dok individu ke jendelanya sendiri.

Ikuti langkah-langkah sederhana menggunakan OBS Studio.

  • Unduh dan instal aplikasi OBS Studio. Unduh yang terbaru dengan mengunjungi tautan: https://obsproject.com/. Tentukan sesuai sistem OS Anda, apa Windows, macOS atau Linux.
  • Jalankan aplikasi OBS Studio.
  • Klik tanda + di sudut kiri bawah untuk menambahkan sumber yaitu. H. apa yang akan kita rekam. Pilihan perekaman layar, perekaman game, browser, dll. tersedia.
  • Pilih Tangkap Iklan. Merupakan opsi untuk merekam layar laptop atau PC.
  • Beri nama proyek Anda. Ini berguna saat Anda ingin membuat beberapa mode pemotretan. Kemudian klik tombol OK.
  • Akan muncul jendela properties seperti di bawah ini. Cukup klik OK.
  • Klik tombol Mulai Merekam untuk mulai merekam.

Lengkap. Klik tombol Stop Recording untuk berhenti merekam.

Sangat mudah, bukan?

Benar-benar alat yang luar biasa, bukan? Demikian langkah merekam layar netbook atau screen recorder yang dapat dilakukan. Langkah screen recorder netbook ini lumayan gampang untuk kamu yang tidak mau repot. Selamat mempraktikkan!