pengertian endemik

Endemi Adalah, WHO Sebut Status Darurat Covid Segera Dicabut

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mencabut status darurat Covid-19. Direktur Darurat WHO Michael Ryan mengatakan sejumlah hal mengindikasikan tahun ini akan menjadi titik kritis pandemi, di mana pandemi bisa menjadi virus endemi.

WHO juga memprediksi pandemi Covid-19 akan berakhir dengan tercapainya target cakupan imunisasi global. Pada pertengahan 2022, sekitar 70% populasi dunia seharusnya sudah menerima vaksin.

Sementara itu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga sependapat. Namun, ia menjelaskan bahwa semua negara harus bekerja sama agar tidak ada yang tertinggal dalam penyediaan vaksinasi.

Namun, Direktur WHO untuk Eropa Hans Kluge memperingatkan bahwa masih terlalu dini untuk menilai bahwa Covid-19 akan berkembang dari pandemi menjadi endemik. Dengan penyebaran Omicron yang cepat dan meluas, varian lain bisa muncul di depan lagi.

Dia mengatakan Omicron sekarang menjadi varian dominan di Uni Eropa (UE), termasuk Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein. Diyakini bahwa sekitar 60% orang Eropa terjangkit Omicron pada bulan Maret.

Hingga saat ini, pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia. Kasus pertama COVID-19 ada di Wuhan, China di tahun 2019. Lalu mengapa COVID-19 disebut pandemi?

Beberapa tingkatan terjadi dalam penyebaran suatu penyakit. Penyakit endemik berkembang menjadi epidemi. Bila menyebar ke penjuru dunia, itu dikatakan pandemi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan COVID-19 menjadi pandemi global pada 11 Maret 2020. Namun, setahun telah berlalu, penyebaran COVID-19 belum berhenti. Pernyataan terbaru WHO bahwa COVID-19 adalah penyakit endemik. Karena itu, penyakit ini akan bertahan dan tidak akan hilang sama sekali.

Endemi Adalah

Endemik adalah penyakit yang terjadi dan menjadi ciri khas di daerah tertentu, misalnya malaria di Papua. Contoh penyakit yang lain di Indonesia ialah DBD (demam berdarah dengue). Penyakit ini akan selalu ada, tetapi dengan insiden atau jumlah kasus yang rendah.

👉 TRENDING  Gejala, Penyebab, Pengobatan Penyakit Hernia yang Perlu Diketahui

Epidemi Adalah

Epidemi terjadi ketika suatu penyakit telah menyebar dengan cepat ke wilayah atau negara tertentu dan mulai mempengaruhi populasi wilayah atau negara tersebut. Contoh penyakitnya adalah virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) tahun 2019, flu burung (H5N1) di Indonesia tahun 2012, SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) tahun 2003, penyakit Ebola di negara-negara Afrika.

Pandemi Adalah

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi di mana-mana pada waktu yang sama dan mencakup wilayah geografis yang luas (semua negara/benua). Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah umum bagi seluruh warga dunia. Contoh penyakit pandemi: HIV/AIDS dan COVID-19. Influenza pernah jadi kategori penyakit pandemi dan menebar ke penjuru dunia.