cara merawat aglonema
Image Source: Pixabay.com

Jenis Aglonema dan Cara Menanam Serta Merawat Agar Subur dan Indah

Aglonema merupakan tanaman hias dengan jenis yang sangat beragam, tidak heran banyak pembudidaya yang terus memproduksi jenis Aglonema baru yang lebih menarik dari sebelumnya. Terkadang jenis varietas baru ini lebih sehat dan lebih kuat.

Tak jarang para pembudidaya tanaman hias ini kesulitan menemukan mutasi yang tepat dan berhenti berkembang.

Tanaman hias dengan perawatan yang mudah dan menarik, Aglonema ada di hampir setiap daftar tanaman rumah terbaik.

Tanaman aglonema dapat bertahan pada kondisi minim cahaya yang sering dijumpai di rumah atau kantor. Meskipun ada banyak varietas tanaman ini, perawatan semua jenis tanaman aglonema sangat mirip.

Ada beberapa jenis aglonema yang langka. Aglonema merupakan salah satu jenis tanaman hias dedaunan dari suku Arceae atau Taro yang banyak diminati oleh para cinta tanaman hias di Indonesia.

Tanaman yang satu ini sering disebut sebagai “ratu daun” karena tampilan daunnya yang sangat eksotis. Julukan lainnya adalah Sri Rejeki.

Mari kita lihat 15 jenis aglomome yang mulai langka di pasaran dengan harga yang mahal.

1. Aglonema Jenis  Angela

Di pasaran, Aglonema jenis ini masih berada di kisaran harga 2 jutaan ke atas.

2. Aglonema Jenis  Audrey

Karya Pak Greg Hambali, motif batiknya sangat kental. Aglonemes jenis ini di pasaran kisaran harga satu jutaan ke atas.

3. Aglonema Jenis (JT 3000)

Aglonema John Tan (JT) juga merupakan hasil karya Bpk Greg Hambali, Bpk Aglonema di Indonesia. Jenis ini sudah mulai langka, dengan harga mulai dari dua jutaan ke atas.

4. Aglonema Jenis Kochin Virgin

JenisAglonema ini adalah Aglonema permutasi. Kisaran harganya 4-5 jutaan.

5. Aglonema Jenis Electra

Aglonema jenis ini semakin langka di pasaran. Kisaran harga satu juta ke atas.

6. Aglonema Jenis Sri Gading

Karya Pak Greg Hambali masih stabil dengan harga satu juta ke atas.

👉 TRENDING  4 Tips Memperbaiki Mouse Wireless Tidak Terdeteksi

7. Aglonema Jenis Rosa

Aglonema Jenis Rosa batikannya juga bagus, kisaran harga 1,5 ke atas.

8. Aglonema Jenis Khanza

Aglonema Khanza adalah salah satu favorit ibu rumah tangga. Kalau Aglonema jenis ini masih anakan, harganya masih 500.000, untuk induk harganya sejuta ke atas.

9. Aglonema Jenis pingkan

Aglonema Ini adalah jenis Aglonema karya Bapak Greg Hambali yang langka dan punah karena penyebarannya yang langka, sehingga tidak ada harga khusus untuk jenis Aglonema ini. Semakin langka, semakin mahal harganya.

10. Aglonema Jenis Pretty Woman

Aglonema Ini juga karya Pak Greg Hambali yang semakin langka. Harganya masih stabil di harga satu jutaan ke atas.

11. Aglonema Jenis  Chikerong

Spesies Aglonema Kochin yang semakin langka di Asia. Aglonema tipe ini tinggal berapa pot saja di Asia, sehingga harganya akan fantastis. Biasanya sobat pecinta tanaman hias buka harga mulai dari 15 jutaan ke atas untuk jenis ini.

12. Aglonema Jenis Fitri

Salah satu Aglonema yang terlupakan. Aglonema Fitri juga merupakan karya dari Pak Greg Hambali. Kisaran harganya masih cukup tinggi yaitu satu juta ke atas.

13. Aglonema Jenis Roro Mendut

Aglonema jenis ini juga merupakan hasil persilangan oleh Pak Greg Hambali. Masih di pasaran dengan harga sejuta ke atas.

14. Jenis Aglnoma Widuri Putih

Aglonema Widuri putih merupakan hasil karya Pak Greg Hambali yang bermutasi menjadi putih. Aglnoma Widuri Putih ini masih dibanderol dengan harga sejuta ke atas.

15. Aglonema Santi

Aglonema ini juga merupakan karya langka dari Pak Greg Hambali. Harganya juga berkisar dari sejuta ke atas.

Cara Menanam Aglonema

Tanaman yang lebih dikenal dengan julukan “Sri Rejeki” dengan nama populer tanaman Aglonema atau tanaman keberuntungan ini memiliki daya tarik tersendiri baik dari warna maupun bentuk daunnya. Perpaduan warna hijau, putih, pink, merah dan kuning memberikan kesan keindahan pada tanaman hias ini. Sayang sekali jika kita tidak mengerti cara menanam Aglonema.

Syarat menanam bunga Aglonema sebenarnya tidak sulit. Namun, bagi Anda yang tertarik membudidayakan Aglonema, Anda harus menyimak artikel ini.

Lingkungan merupakan faktor penting dalam budidaya Aglonema. Seperti Pencahayaan untuk memperhitungkan suhu tanaman. Tanaman hias ini juga membutuhkan cahaya untuk melalui proses fotosintesis.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah langkah-langkah menanam aglonema agar tetap subur serta cara merawat bunga aglonema dengan baik dan benar:

Tips Merawat Aglonema Agar Subur

Langkah awal yang perlu kita ketahui agar tanaman aglonema tumbuh subur adalah mengetahui cara merawat tanaman aglonema. Bisa dibilang caranya gampang, bisa dibilang susah. Itu semua tergantung niat kita saat merawat tanaman.

👉 TRENDING  Surat Edaran Jam Kerja ASN Bulan Puasa Ramadhan 2022

Untuk itu simak artikel ini agar kita bisa memiliki tanaman Aglonema yang bisa tumbuh subur dan memiliki daun yang indah.

1. Membuat Persiapan Media Tanam Aglonema Dalam Pot

Media tanam merupakan salah satu faktor terpenting dalam menumbuhkan tanaman, salah satunya adalah fase budidaya Aglonema agar dapat berkembang dengan baik. Pada dasarnya media tanam dapat menentukan baik buruknya pertumbuhan tanaman yang dapat mempengaruhi sistem produksi tanaman.

Jenis media tanamnya juga sangat beragam. Dimulai dari campuran tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi dan ada banyak lagi. Anda dapat pilih tempat tanam yang ada disekitaran rumah Anda.

Perlu diperhatikan bahwa media tumbuh adalah sesuatu yang berfungsi sebagai penopang tanaman, penyalur unsur hara/hara dan juga ruang bagi akar tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Media tanam ini memungkinkan tanaman memperoleh nutrisi untuk pertumbuhan bunga Aglonema.

Salah satu cara memilih media tanam yang baik adalah dengan memilih tanah yang kaya nutrisi. Hal ini dapat membantu kita untuk mempermudah proses/cara membudidayakan tanaman Sri Rejeki alias Aglonema.

Tanah vulkanik merupakan jenis tanah yang sangat kaya akan unsur hara. Dimana tanah memiliki ciri warna hitam pekat pada permukaannya dan warna coklat kemerahan pada lapisan selanjutnya.

Selain jenis tanah, media tanam Aglonema juga perlu dicampur dengan pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

Cara Membuat Media tanam Aglonema :

  • Alat dan bahan:
  • Siapkan tanah yang subur dan gembur untuk digunakan.
  • Siapkan 100 gram pupuk organik
  • Larutkan 10 ml pupuk cair dalam 1 liter air.
  • Panci besar atau sedang
  • cukup air

Untuk membuat media tanam:

  • Tuang tanah ke dalam pot yang disediakan.
  • Taburkan pupuk pada tanah.
  • Bilas dengan air sampai lembab.
    Taburkan larutan pupuk ke seluruh permukaan lantai.

Nah, itulah langkah-langkah pembuatan media tanam aglonema yang perlu kamu ikuti. Tentunya mempersiapkan media tanam yang baik akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman nantinya.

2. Pemilihan Bibit Aglonema Terbaik

Padahal, Aglonema merupakan jenis tumbuhan yang mudah dibudidayakan. Namun, kita juga perlu memilih bibit terbaik untuk menanam bunga Aglonema agar bisa tumbuh subur. Saat menanam, kita bisa menggunakan metode urat laba-laba atau biji.

Pembibitan yang baik dalam menghasilkan bibit dapat menggunakan bibit dari gulma Aglonema yang baik. Tunas kumbang yang baik ini berasal dari indukan tua.

👉 TRENDING  Cara Mendownload dan Instal DirectX terbaru untuk Windows 7, 8 dan Windows 10

3. Cara Menanam Bonggol Aglonema

Cara budidaya Aglonema harus dilakukan dengan benar. Ini bertujuan untuk mewujudkan impian Anda tentang Aglonema yang indah.

Namun, sebelum menanam benih, Anda harus mengikuti cara teknis menanam bonggol Aglonema agar tumbuh subur di bawah ini:

  • Pilih benih yang baik, sehat, bebas dari cacat dan hama/penyakit.
  • Larutkan 250 ml pupuk organik cair
  • Tempatkan benih yang akan ditanam dalam larutan tersebut selama 30 menit.
  • Angkat biji yang sudah direndam
  • Buat lubang tanam sedalam beberapa sentimeter untuk menanam benih.
  • Selipkan semua akar dan bagian bawah batang semai ke dalam tanah.
  • Tutupi akar dan bagian bawah batang dengan tanah.
  • Bilas dengan banyak air.

4. Merawat Bunga Aglonema

Setelah proses penanaman, hal kedua yang tak kalah penting untuk tanaman Aglonema adalah perawatannya. Berikut langkah-langkah merawat bunga Aglonema:

1. Penyiraman
Setelah menanam benih, saatnya Anda merawat aglonema. Siram secara teratur setiap hari.

Anda bisa menyiram tanaman Aglonema di pagi atau sore hari. Siram tanaman secara teratur agar tanaman tumbuh indah dan enak dipandang. Pada dasarnya, kita tidak hanya merawatnya sekali atau dua kali, tetapi secara rutin setiap hari.

2. Penyiangan
Penyiangan dilakukan dengan mencabut rumput/gulma di sekitar tanaman. Hal ini berguna untuk mengurangi persaingan unsur hara tanaman dari pupuk yang diberikan.

Gulma secara teratur. Kalaupun bisa, setiap kali benih gulma tumbuh, segera singkirkan agar tidak tumbuh dan merusak keindahannya.

5. Cara Pemupukan Aglonema

Pemupukan sebagai upaya merawat tanaman Sri Rejeki harus dilakukan agar tanaman Aglonema tumbuh subur. Meski begitu, jangan menggunakan pupuk kimia untuk menyuburkan tanaman Aglonema.

Oleh karena itu, gunakan pupuk organik yang menjaga kesuburan tanah sekaligus memenuhi unsur hara tanaman.

Pupuk sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman Aglonema. Selain itu, produk ini dapat membuat daun terlihat lebar dan beraneka ragam, sehingga memudahkan Anda dalam perbanyakan Aglonema sebagai anakan/pembibitan.

1. Tanaman berumur 0-2 bulan, 4-6 bulan, 8-9 bulan dan seterusnya:
Larutkan 250ml pupuk organik cair dalam 5 liter air lalu tuang pada tanaman Aglonema. Inilah cara budidaya tanaman sri rejeki yang benar.

2. Tanaman berumur 3,7,10 dan seterusnya
Setiap 3 bulan Anda perlu memberikan makanan tambahan. Sehingga keindahan tanaman Aglonema Anda bertahan lebih lama.

Untuk mengetahui cara pemupukan Aglonema lengkap, lihat langsung untuk lebih jelasnya

Nah itulah panduan menanam Aglonema agar tumbuh subur beserta perawatan tanaman Aglonema. Bagaimana? Apakah Anda juga tertarik untuk membudidayakan Aglonema?